Record Detail

PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TYPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPI AL-MABRUROH BUARAN INDAH KOTA TANGERANG

PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TYPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPI AL-MABRUROH BUARAN INDAH KOTA TANGERANG


Serang, 22 Maret 1995, Pengaruh Metode Cooperative Learning Type Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMPI Al-Mabruroh Buaran Indah Kota Tangerang: Program Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Asy-Syukriyah.
Hasil belajar Pendidikan Agama Islam dapat dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya yaitu, media pembelajaran, kompetensi guru, strategi belajar, psikologi pendidik atau peserta didik, sarana maupun prasarana, dan metode pembelajaran. Peneliti beranggapan bahwa perihal metode pembelajaran adalah yang sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Cooperative Learning Type Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMPI Al-Mabruroh Buaran Indah Kota Tangerang.
Hipotesis yang diuji adalah terdapat pengaruh yang signifikan Metode Cooperative Learning Type Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMPI Al-Mabruroh Buaran Indah Kota Tangerang. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian yakni seluruh siswa yang berjumlah 129 siswa. Sedangkan sampel diambil dengan teknik random sampling yakni berjumlah 47 siswa, diambil 37 % dari jumlah populasi terjangkau.
Instrumen penelitian untuk mengukur Metode Cooperative Learning Type Student Team Achievement Divisions (STAD) menggunakan angket (kuesioner). Validitas dihitung dengan teknik korelasi product moment. Reliabilitas dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji coba menunjukkan bahwa 25 butir soal dinyatakan valid, dan reliabilitas r hitung = 0,9.74 Uji persyaratan analisis yakni uji normalitas menggunakan uji liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji fisher. Analisis Inferensial (Uji Hipotesis) dengan analisis regresi dan korelasi sederhana.
Hasil penelitian menyimpulkan hal – hal sebagai berikut : terdapat pengaruh signifikan Metode Cooperative Learning Type Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar PAI di SMPI Al-Mabruroh Buaran Indah Kota Tangerang., dengan koefisien korelasi = 0,946 pada taraf signifikansi a=0,05
Hasil penelitian ini diharapkan agar berguna untuk memperbaiki kualitas pembelajaran sehingga hasil belajar yang diperoleh relatif baik dan mencapai tujuan pendidikan .


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Statement of Responsibility
Author(s) Dian Fitriyani - Personal Name (Pengarang)
Edition Publish
Call Number R016 DIA p
Subject(s) Skripsi Pendidikan Agama Islam
Classification 016
Series Title
GMD Pendidikan Agama Islam
Language
Publisher Program Studi Pendidikan Agama Islam
Publishing Year 2018
Publishing Place Tangerang
Collation 116 hlm, 21 x 30 cm
Specific Detail Info Xi, 116


Citation

Dian Fitriyani. (2018).PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TYPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPI AL-MABRUROH BUARAN INDAH KOTA TANGERANG(Publish).Tangerang:Program Studi Pendidikan Agama Islam

Dian Fitriyani.PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TYPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPI AL-MABRUROH BUARAN INDAH KOTA TANGERANG(Publish).Tangerang:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2018.Pendidikan Agama Islam

Dian Fitriyani.PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TYPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPI AL-MABRUROH BUARAN INDAH KOTA TANGERANG(Publish).Tangerang:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2018.Pendidikan Agama Islam

Dian Fitriyani.PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TYPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPI AL-MABRUROH BUARAN INDAH KOTA TANGERANG(Publish).Tangerang:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2018.Pendidikan Agama Islam

 



Media Sosial / Kanal

Facebook Repository STAI Asy-Syukriyyah Official
Youtube Repository STAI Asy-Syukriyyah Official
Instagram Repository STAI Asy-Syukriyyah Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: [email protected]