IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN (STUDI DESKRIPTIF DI SMPIT TUNAS HARAPAN ILAHI) SKRIPSI
NENENG HASANAH - Personal Name (Pengarang)
Pendidikan Agama Islam
2022
Tangerang STAI Asy-Syukriyyah : Program Studi Pendidikan Agama Islam
Al-Qur’an merupakan petunjuk dan pedoman hidup bagi umat islam. Setiap
muslim diwajibkan untuk mempelajari Al-Qur’an. Untuk dapat memahami makna
Al-Qur’an manusia perlu mempelajarinya. Memahami kandungan isi Al-Qur’an
dapat dimulai dengan belajar cara membacanya.
Kegiatan belajar membaca Al-Qur’an membutuhkan cara atau metode.
Metode berfungsi untuk mempermudah dan mempercepat keberhasilan belajar.
Metode pembelajaran Al-Qur’an di Indonesia sangatlah beragam. Salah satu
metode yang ada adalah metode Ummi.
Metode Ummi adalah metode membaca Al-Qur’an yang menggunakan tiga
Unsur cara ibu mendidik anak. Yaitu dengan cara langsung, diulang-ulang dan
dengan kasih sayang yang tulus. Selain itu metode Ummi memiliki sistem
pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Untuk membacanya menggunakan
nada sederhana yaitu, nada tinggi dan rendah.
Skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi metode Ummi di
SMPIT Tunas Harapan Ilahi. Pokok masalah yang dijelaskan adalah implementasi
metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an di sekolah, faktor pendukung
keberhasilan, faktor penghambat, solusi penghambat dan hasil pembelajaran AlQur’an metode Ummi.
Implementasi metode Ummi di SMPIT Tunas Harapan Ilahi berjalan
dengan baik, hal ini dibuktikan dengan adanya pembelajaran Al-Qur’an yang
dilakukan setiap hari. Pembelajaran dilakukan dengan rasio 1 guru 13 siswa.
Pelaksanaan pembelajaran menggunakan tahapan yang sesuai dengan standarisasi
tahapan mengajar metode Ummi yaitu dengan 7 tahapan : pembukaan, apersepsi
materi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan, evaluasi, penutup. Yang
mendukung keberhasilan metode Ummi di SMPIT Tunas Harapan Ilahi adalah
guru, motivasi belajar anak, dukungan orang tua, fasilitas belajar dan pelatihan
guru. Faktor yang menghambat adalah lemahnya motivasi belajar anak.
kemampuan anak yang bervariasi. Solusi yang diambil adalah memberikan
motivasi, pelatihan guru dan evaluasi guru setiap pekan. Dalam waktu dua tahun
mengaji anak sudah dapat membaca Al-Qur’an dengan tartil dan mengetahui
kaidah-kaidah bacaan Al-Qur’an.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Statement of Responsibility |
NENENG HASANAH |
Author(s) |
NENENG HASANAH - Personal Name (Pengarang) |
Edition |
Revision |
Call Number |
R 0118 NEN i |
Subject(s) |
Skripsi Pendidikan Agama Islam
|
Classification |
0118 |
Series Title |
|
GMD |
Pendidikan Agama Islam |
Language |
|
Publisher |
Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Publishing Year |
2022 |
Publishing Place |
Tangerang STAI Asy-Syukriyyah |
Collation |
151 hlm.; 21 Cm X 30 Cm |
Specific Detail Info |
151 hlm.; 21 Cm X 30 Cm |
Citation
NENENG HASANAH. (2022).
IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN (STUDI DESKRIPTIF DI SMPIT TUNAS HARAPAN ILAHI) SKRIPSI(Revision).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam
NENENG HASANAH.
IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN (STUDI DESKRIPTIF DI SMPIT TUNAS HARAPAN ILAHI) SKRIPSI(Revision).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2022.Pendidikan Agama Islam
NENENG HASANAH.
IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN (STUDI DESKRIPTIF DI SMPIT TUNAS HARAPAN ILAHI) SKRIPSI(Revision).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2022.Pendidikan Agama Islam
NENENG HASANAH.
IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN (STUDI DESKRIPTIF DI SMPIT TUNAS HARAPAN ILAHI) SKRIPSI(Revision).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2022.Pendidikan Agama Islam