PENGARUH METODE PEMBELAJARAN YANBU’A TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL - QUR’AN SISWA KELAS VIII SMP DARUL IZZAH CENGKARENG JAKARTA BARAT
MUHAMMAD AFDHOLI - Personal Name (Pengarang)
Pendidikan Agama Islam
2017
Tangerang :
Pengaruh metode pembelajaran yanbu’a terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa Kelas VIII SMP Darul Izzah Cengkareng Jakarta Barat”. Skripsi. Tangerang: Program Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Asy-Syukriyyah, 2017.
Kemampuan membaca Al-Qur’an dapat dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya yaitu, media pembelajaran, kompetensi guru, strategi belajar, psikologi pendidik atau peserta didik, sarana maupun prasarana, dan metode pembelajaran. Peneliti beranggapan bahwa perihal metode pembelajaran adalah yang sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran yanbu’a terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa Kelas VIII SMP Darul Izzah Cengkareng Jakarta Barat.
Hipotesis yang diuji adalah terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran yanbu’a terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa Kelas VIII SMP Darul Izzah Cengkareng Jakarta Barat. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah populasi terjangkau yakni siswa Kelas VIII SMP Darul Izzah Cengkareng Jakarta Barat yang berjumlah 200 siswa. Sedangkan sampel diambil dengan teknik random sampling yakni berjumlah 32 siswa, diambil 16% dari jumlah populasi terjangkau.
Instrumen penelitian untuk mengukur metode pembelajaran Yanbu’a menggunakan angket (kuesioner). Validitas dihitung dengan teknik korelasi product moment. Reliabilitas dihitung dengan rumus Kuder Richardson. Hasil uji coba menunjukkan bahwa 28 butir soal dinyatakan valid, dan reliabilitas r hitung
= 0,95. Uji persyaratan analisis yakni uji normalitas menggunakan uji Chi kuadrat dan uji homogenitas menggunakan uji fisher. Analisis Inferensial (Uji Hipotesis) dengan analisis regresi dan korelasi sederhana.
Hasil penelitian menyimpulkan hal – hal sebagai berikut : terdapat pengaruh signifikan metode pembelajaran yanbu’a terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa Kelas VIII SMP Darul Izzah Cengkareng Jakarta Barat, dengan koefisien korelasi = 0,95 pada taraf signifikansi 0,05.
Hasil penelitian ini diharapkan agar berguna untuk memperbaiki kualitas pembelajaran sehingga hasil belajar yang diperoleh relatif baik dan mencapai tujuan pendidikan
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Statement of Responsibility |
|
Author(s) |
MUHAMMAD AFDHOLI - Personal Name (Pengarang) |
Edition |
Publish |
Call Number |
R013 MUH p |
Subject(s) |
Skripsi Pendidikan Agama Islam
|
Classification |
013 |
Series Title |
|
GMD |
Pendidikan Agama Islam |
Language |
|
Publisher |
|
Publishing Year |
2017 |
Publishing Place |
Tangerang |
Collation |
117 hlm, 21 x 30 cm |
Specific Detail Info |
Xi, 117 |
Citation
MUHAMMAD AFDHOLI. (2017).
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN YANBU’A TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL - QUR’AN SISWA KELAS VIII SMP DARUL IZZAH CENGKARENG JAKARTA BARAT(Publish).Tangerang:
MUHAMMAD AFDHOLI.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN YANBU’A TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL - QUR’AN SISWA KELAS VIII SMP DARUL IZZAH CENGKARENG JAKARTA BARAT(Publish).Tangerang:,2017.Pendidikan Agama Islam
MUHAMMAD AFDHOLI.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN YANBU’A TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL - QUR’AN SISWA KELAS VIII SMP DARUL IZZAH CENGKARENG JAKARTA BARAT(Publish).Tangerang:,2017.Pendidikan Agama Islam
MUHAMMAD AFDHOLI.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN YANBU’A TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL - QUR’AN SISWA KELAS VIII SMP DARUL IZZAH CENGKARENG JAKARTA BARAT(Publish).Tangerang:,2017.Pendidikan Agama Islam