IMPLEMENTASI PEM BELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI MADARASAH ALIYAH MULTAZAM BOGOR
YULIANTI - Personal Name (Pengarang)
Pendidikan Agama Islam
2022
Tangerang STAI Asy-Syukriyyah : Program Studi Pendidikan Agama Islam
Implementasi Pemebelajaran Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di Madarsah Aliyah Multazam Bogor. Skripsi. Boogor: Pendidikan Agama Islam Stais Assyukriyyah.
Pembelajaran adalah proses interaksi siswa dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yang meliputi guru dan siswa yang saling bertukar informasi. Akidah akhlak adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan siswa untuk saling memahami, menghayati dan mengenal serta dapat mengimani Allah SWT dan merealisasikan dalam prilaku akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan Al-Qur’an dan hadist melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan serta penggunaan. Yang menjadi fokus penelitian ini adalah (1) bagaimana penerapan pembelajaran disiplin di MA Multazam Bogor melalui pembelajaran Akidah Akhlak. (2) apa saja faktor pendukung dan penghambat pembetukan karakter disiplin siswa Madrasah Aliyah Multazam melalui pembelajaran Akidah Akhlak . (3) bagaimana pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak dalam meningkatkan disiplin siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan atau penerapan pembelajaran guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter disiplin pada kelas 1 MA menggunakan metode diskusi dan untuk kelas 2 dan 3 MA menggunakan metode ceramah. Mata pelajaran akidah akhlak dengan pembentukan karakter disiplin itu saling berkaitan karena disiplin itu taat pada peraturan. Dalam pembentukan karakter disiplin ada yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan terhadap siswa. Faktor pendukung yang pertama adalah keluarga, karena sekolah dan keluarga saling berkaitan dimana pendidikan didapat dari orang tua dan kemudian dari guru oleh karena itu harus saling bekerja sama agar bisa memantau perkembangan siswa, dan yang menjadi faktor pendukung selanjutnya ialah minat yang besar dan motivasi untuk berdisiplin karena minat yang besar akan mendukung kelancaran proses pembelajaran siswa untuk disiplin dan ketika motivasi juga mampu meningkatkan sikap disiplin siswa.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Statement of Responsibility |
YULIANTI |
Author(s) |
YULIANTI - Personal Name (Pengarang) |
Edition |
Publish |
Call Number |
R 00131 YUL i |
Subject(s) |
Skripsi Pendidikan Agama Islam
|
Classification |
R00131 |
Series Title |
|
GMD |
Pendidikan Agama Islam |
Language |
|
Publisher |
Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Publishing Year |
2022 |
Publishing Place |
Tangerang STAI Asy-Syukriyyah |
Collation |
Skripsi Pendidikan Agama Islam |
Specific Detail Info |
98 hlm.; 21,5 Cm X 29,5 Cm |
Citation
YULIANTI. (2022).
IMPLEMENTASI PEM BELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI MADARASAH ALIYAH MULTAZAM BOGOR(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam
YULIANTI.
IMPLEMENTASI PEM BELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI MADARASAH ALIYAH MULTAZAM BOGOR(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2022.Pendidikan Agama Islam
YULIANTI.
IMPLEMENTASI PEM BELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI MADARASAH ALIYAH MULTAZAM BOGOR(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2022.Pendidikan Agama Islam
YULIANTI.
IMPLEMENTASI PEM BELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI MADARASAH ALIYAH MULTAZAM BOGOR(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2022.Pendidikan Agama Islam