IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SDN KEBON KACANG 05 JAKARTA PUSAT
WINDA AULIA SABRINA - Personal Name (Pengarang)
Pendidikan Guru MI
2023
Tangerang STAI Asy-Syukriyyah : Pendidikan Guru MI
Pendidikan karakter merupakan pondasi awal yang dibutuhkan
dalam membangun bangsa. Karakter yang berkualitas dibentuk dan dibina
sejak usia dini karena usia dini merupakan masa kritis bagi pembentukan
karakter seseorang. Akan tetapi, masih terdapat peserta didik yang belum
memiliki karakter yang baik, seperti cara berpakaian dan sikap kurang sopan
kepada pendidik, kurangnya kedisiplinan, kejujuran, dan rasa tanggung
jawab sebagai peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi
pendidikankarakter melalui kegiatan keagamaan di SDN Kebon Kacang 05
Jakarta Pusat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif
lapangan. Metode pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan
data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan
kepada kepala sekolah, pendidik, peserta didik, serta orangtua/ wali.
Observasi dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai kondisi fisik
maupun non fisik serta penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan
keagamaan peserta didik. Dokumentasi dilakukan untuk mendapatkan
informasi dokumen terkait penelitian. Penelitian dilakukan mulai pada
tanggal 06 maret sampai 10 maret 2023.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, proses pelaksanaan kegiatan
keagamaan di SDN Kebon KACANG 05 Jakarta Pusat dilaksanakan dengan
menggunakan metode pembiasaan yang dilakukan secara terus menerus dan
terstruktur. Kegiatan keagamaan yang meliputi 5 S (Senyum, Salam, Sapa,
Sopan, dan Santun), berbaris membaca janji pelajar dan berjabat tangan,
berdoa bersama, sholat dhuha dan dhuhur berjamah dan muraja’ah hafalan.
Nilai karakter yang ditanamkandisekolah adalah nilai religius, disiplin, dan
tanggung jawab. Faktor penghambat atau kendala yang dihadapi dalam
mengiplementasikan pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan di
SDN Kebon KACANG 05 Jakarta Pusat adalah sarana dan prasarana yang
belum memadai, serta kurangnya kesadaran orang tua akan pentingnya
dampingan terhadap perkembangan anak. Solusi yang dilakukan yaitu
penyediaan juzammah atau Al-Qur’an, peningkatan pengawasan oleh para
pendidik dan terjalinnya kerjasama dengan wali peserta didik dengan baik.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Statement of Responsibility |
WINDA AULIA SABRINA |
Author(s) |
WINDA AULIA SABRINA - Personal Name (Pengarang) |
Edition |
Publish |
Call Number |
R 00148 WIN i |
Subject(s) |
|
Classification |
R00148 |
Series Title |
|
GMD |
Pendidikan Guru MI |
Language |
|
Publisher |
Pendidikan Guru MI |
Publishing Year |
2023 |
Publishing Place |
Tangerang STAI Asy-Syukriyyah |
Collation |
Skripsi Pendidikan Guru MI |
Specific Detail Info |
114 hlm.; 21,5 Cm X 29,5 Cm |
Citation
WINDA AULIA SABRINA. (2023).
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SDN KEBON KACANG 05 JAKARTA PUSAT(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Pendidikan Guru MI
WINDA AULIA SABRINA.
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SDN KEBON KACANG 05 JAKARTA PUSAT(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Pendidikan Guru MI,2023.Pendidikan Guru MI
WINDA AULIA SABRINA.
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SDN KEBON KACANG 05 JAKARTA PUSAT(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Pendidikan Guru MI,2023.Pendidikan Guru MI
WINDA AULIA SABRINA.
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SDN KEBON KACANG 05 JAKARTA PUSAT(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Pendidikan Guru MI,2023.Pendidikan Guru MI