IMPLEMENTASI METODE UTSMANI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BCCT Beyond Center and Circle Time DI MI PLUS ASY-SYUKRIYYAH Studi Kasus Deskriptif di MI Plus Asy-Syukriyyah
DINA MUSLIHAH - Personal Name (Pengarang)
Pendidikan Guru MI
2023
Tangerang STAI Asy-Syukriyyah : Pendidikan Guru MI
Pendidikan Qur’an bagi anak usia jenjang dasar sangatlah penting. Menciptakan
suasana belajar mengajar Qur’an yang menyenangkan di sekolah dasar tidaklah mudah.
Hal ini dikarenakan ada kecenderungan perkembangan, karakteristik, dan pengetahuan
yang berbeda dari anak ke anak. Itulah sebabnya usia dini ini disebut dengan Golden
Age yang hanya datang satu kali dan tidak terjadi lagi. Guru harus kreatif dan inovatif
dalam menggunakan model pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan
keadaan anak. Model pembelajaran harus dapat merangsang kecerdasan umum anak.
Untuk itu diperlukan metode belajar Qur’an dan model pembelajaran yang tepat agar
tujuan pembelajaran tercapai. Salah satu metode dan model pembelajaran yang
disajikan disini adalah: Metode ‘Utsmani dan Model pembelajaran lingkaran terpusat
(BCCT).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus deskriptif
yang dilakukan di sekolah MI Plus Asy-Syukriyyh. Subjek penelitian adalah
Manajemen MI Plus Asy-syukriyyah termaksuk didalamnya kordinator Qur’an,
kordinator sentra, guru Qur’an, serta siswa/I MI Plus Asy-Syukriyyah. Metode
pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan dengan metode triangulasi.
Hasil penelitian ini penulis banyak menemukan keberhasilan pembelajaran Qur’an
dengan metode ‘Utsmani melalui model pembelajaran BCCT atau sentra. Diantaranya;
Peserta didik mampu membaca Al-Qur’an dengan fashohah yang baik dan tajwid yang
benar,siswa dapat membedakan mushaf timur tengah dengan mushaf Qur’an Indonesia,
Selain itu dengan model pembelajaran BCCT siswa terangsang seluruh aspek
kecerdasannya melalui pembiasaan sikap dan pemecahan masalah yang baik, seluruh
kegiatan pembelajaran dikemas dengan cara yang asik dan menyenangkan
Detail Information
Bagian
Informasi
Statement of Responsibility
DINA MUSLIHAH
Author(s)
DINA MUSLIHAH - Personal Name (Pengarang)
Edition
Publish
Call Number
R 00150 DIN s
Subject(s)
Classification
R00150
Series Title
GMD
Pendidikan Guru MI
Language
Publisher
Pendidikan Guru MI
Publishing Year
2023
Publishing Place
Tangerang STAI Asy-Syukriyyah
Collation
Skripsi Pendidikan Guru MI
Specific Detail Info
168 hlm.; 21,5 Cm X 29,5 Cm
Citation
APA Style
DINA MUSLIHAH . (2023).
IMPLEMENTASI METODE UTSMANI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BCCT Beyond Center and Circle Time DI MI PLUS ASY-SYUKRIYYAH Studi Kasus Deskriptif di MI Plus Asy-Syukriyyah (Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Pendidikan Guru MI
Chicago Style
DINA MUSLIHAH .
IMPLEMENTASI METODE UTSMANI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BCCT Beyond Center and Circle Time DI MI PLUS ASY-SYUKRIYYAH Studi Kasus Deskriptif di MI Plus Asy-Syukriyyah (Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Pendidikan Guru MI,2023.Pendidikan Guru MI
MLA Style
DINA MUSLIHAH .
IMPLEMENTASI METODE UTSMANI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BCCT Beyond Center and Circle Time DI MI PLUS ASY-SYUKRIYYAH Studi Kasus Deskriptif di MI Plus Asy-Syukriyyah (Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Pendidikan Guru MI,2023.Pendidikan Guru MI
Turabian Style
DINA MUSLIHAH .
IMPLEMENTASI METODE UTSMANI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BCCT Beyond Center and Circle Time DI MI PLUS ASY-SYUKRIYYAH Studi Kasus Deskriptif di MI Plus Asy-Syukriyyah (Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Pendidikan Guru MI,2023.Pendidikan Guru MI