PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TYPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPI AL-MABRUROH BUARAN INDAH KOTA TANGERANG
Dian Fitriyani - Personal Name (Pengarang)
Pendidikan Agama Islam
2018
Tangerang : Program Studi Pendidikan Agama Islam
Serang, 22 Maret 1995, Pengaruh Metode Cooperative Learning Type Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMPI Al-Mabruroh Buaran Indah Kota Tangerang: Program Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Asy-Syukriyah.
Hasil belajar Pendidikan Agama Islam dapat dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya yaitu, media pembelajaran, kompetensi guru, strategi belajar, psikologi pendidik atau peserta didik, sarana maupun prasarana, dan metode pembelajaran. Peneliti beranggapan bahwa perihal metode pembelajaran adalah yang sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Cooperative Learning Type Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMPI Al-Mabruroh Buaran Indah Kota Tangerang.
Hipotesis yang diuji adalah terdapat pengaruh yang signifikan Metode Cooperative Learning Type Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMPI Al-Mabruroh Buaran Indah Kota Tangerang. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian yakni seluruh siswa yang berjumlah 129 siswa. Sedangkan sampel diambil dengan teknik random sampling yakni berjumlah 47 siswa, diambil 37 % dari jumlah populasi terjangkau.
Instrumen penelitian untuk mengukur Metode Cooperative Learning Type Student Team Achievement Divisions (STAD) menggunakan angket (kuesioner). Validitas dihitung dengan teknik korelasi product moment. Reliabilitas dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji coba menunjukkan bahwa 25 butir soal dinyatakan valid, dan reliabilitas r hitung = 0,9.74 Uji persyaratan analisis yakni uji normalitas menggunakan uji liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji fisher. Analisis Inferensial (Uji Hipotesis) dengan analisis regresi dan korelasi sederhana.
Hasil penelitian menyimpulkan hal – hal sebagai berikut : terdapat pengaruh signifikan Metode Cooperative Learning Type Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar PAI di SMPI Al-Mabruroh Buaran Indah Kota Tangerang., dengan koefisien korelasi = 0,946 pada taraf signifikansi a=0,05
Hasil penelitian ini diharapkan agar berguna untuk memperbaiki kualitas pembelajaran sehingga hasil belajar yang diperoleh relatif baik dan mencapai tujuan pendidikan .
Detail Information
Bagian
Informasi
Statement of Responsibility
Author(s)
Dian Fitriyani - Personal Name (Pengarang)
Edition
Publish
Call Number
R016 DIA p
Subject(s)
Skripsi Pendidikan Agama Islam
Classification
016
Series Title
GMD
Pendidikan Agama Islam
Language
Publisher
Program Studi Pendidikan Agama Islam
Publishing Year
2018
Publishing Place
Tangerang
Collation
116 hlm, 21 x 30 cm
Specific Detail Info
Xi, 116
Citation
APA Style
Dian Fitriyani . (2018).
PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TYPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPI AL-MABRUROH BUARAN INDAH KOTA TANGERANG (Publish).Tangerang:Program Studi Pendidikan Agama Islam
Chicago Style
Dian Fitriyani .
PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TYPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPI AL-MABRUROH BUARAN INDAH KOTA TANGERANG (Publish).Tangerang:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2018.Pendidikan Agama Islam
MLA Style
Dian Fitriyani .
PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TYPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPI AL-MABRUROH BUARAN INDAH KOTA TANGERANG (Publish).Tangerang:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2018.Pendidikan Agama Islam
Turabian Style
Dian Fitriyani .
PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TYPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPI AL-MABRUROH BUARAN INDAH KOTA TANGERANG (Publish).Tangerang:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2018.Pendidikan Agama Islam