PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SMA AL-HUSNA TANGERANG
SULISTIA AULIA - Personal Name (Pengarang)
Pendidikan Agama Islam
2018
Tangerang : Program Studi Pendidikan Agama Islam
Tangerang, 05 September 1996, Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di SMA Al-Husna Tangerang, Skripsi, TANGERANG : Program Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Asy-Syukriyah.
Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak dapat dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya yaitu, media pembelajaran, kompetensi guru, strategi belajar, psikologi pendidik atau peserta didik, sarana maupun prasarana, dan metode pembelajaran. Peneliti beranggapan bahwa perihal kompetensi pedagogik guru adalah yang sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa di SMA Al-Husna pada mata pelajaran Akidah Akhlak.
Hipotesis yang diuji adalah terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di SMA AL-Husna Tangerang. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah populasi terjangkau yakni siswa kelas X SMA Al-Husna Tangerang yang berjumlah 129 siswa. Sedangkan sampel diambil dengan teknik random sampling yakni berjumlah 45 siswa, diambil 35 % dari jumlah populasi terjangkau.
Instrumen penelitian untuk mengukur kompetensi pedagogik guru menggunakan angket ( kuesioner ). Validitas dihitung dengan teknik korelasi product moment. Reliabilitas dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji coba menunjukkan bahwa 21 butir soal dinyatakan valid, dan reliabilitas r hitung = 0,8.. Instrumen penelitian untuk mengukur hasil belajar siswa menggunakan soal PG. Validitas dihitung dengan teknik point biserial dengan menghasilkan 23 soal yang valid dan reliabilitas r hitung = 0,8.Uji persyaratan analisis yakni uji normalitas menggunakan uji liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji fisher. Analisis Inferensial (Uji Hipotesis) dengan analisis regresi dan korelasi sederhana
Hasil penelitian menyimpulkan hal – hal sebagai berikut : terdapat pengaruh signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa kelas pada mata pelajaran Akidah Akhlak di SMA Al-Husna Tangerang dengan koefisien korelasi = 0,96 pada taraf signifikansi 0,05.
Hasil penelitian ini diharapkan agar berguna untuk memperbaiki kualitas pembelajaran sehingga hasil belajar yang diperoleh relatif baik dan mencapai tujuan pendidikan .
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Statement of Responsibility |
|
Author(s) |
SULISTIA AULIA - Personal Name (Pengarang) |
Edition |
Publish |
Call Number |
R017 SUS p |
Subject(s) |
Skripsi Pendidikan Agama Islam
|
Classification |
017 |
Series Title |
|
GMD |
Pendidikan Agama Islam |
Language |
|
Publisher |
Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Publishing Year |
2018 |
Publishing Place |
Tangerang |
Collation |
118 hlm, 21 x 30 cm |
Specific Detail Info |
Xi, 118 |
Citation
SULISTIA AULIA. (2018).
PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SMA AL-HUSNA TANGERANG(Publish).Tangerang:Program Studi Pendidikan Agama Islam
SULISTIA AULIA.
PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SMA AL-HUSNA TANGERANG(Publish).Tangerang:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2018.Pendidikan Agama Islam
SULISTIA AULIA.
PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SMA AL-HUSNA TANGERANG(Publish).Tangerang:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2018.Pendidikan Agama Islam
SULISTIA AULIA.
PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SMA AL-HUSNA TANGERANG(Publish).Tangerang:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2018.Pendidikan Agama Islam