Record Detail

HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA MA AL-IJTIHAD KOTA TANGERANG

HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA MA AL-IJTIHAD KOTA TANGERANG


Hubungan Lingkungan Sekolah dengan Hasil Belajar
pendidikan Agama Islam siswa MA Al-Ijtihad Kota Tangerang. Prodi Pendidikan
Agama Islam, STAI Asy-Syukriyyah Kota Tangerang. Dosen Pembimbing:
Dahari,S.Sos.M.Pd.I dan Anggi Rivana, M.Pd.I.
Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor yang terjadi dalam
proses belajar baik internal maupun eksternal. Salah satu faktor eksternal yang
berperan dalam menentukan keberhasilan belajar siswa adalah lingkungan
sekolah. Fasilitas yang ada di sekolah juga sangat diperlukan untuk kegiatan
pembelajaran. Fasilitas yang tidak lengkap akan membuat proses pembelajaran
menjadi terhambat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah
hubungan antara lingkungan sekolah dengan hasil belajar. Tujuan dari penelitian
ini adalah pertama: Untuk mengetahui Lingkungan Sekolah MA Al-Ijtihad Kota
Tangerang. Kedua : Untuk mengetahui Hasil Belajar siswa kelas X MA Al-Ijtihad
Kota Tangerang pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Ketiga: Untuk
mengetahui apakah ada Hubungan Antara Lingkungan Sekolah dengan Hasil
Belajar Pendidikan Agama Islam MA Al-Ijtihad Kota Tangerang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian
sebanyak 48 responden dengan populasi sampling(yaitu populasi yang ada
dijadikan sampel. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner yang
berbentuk angket, tes tulis, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data
yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif sedangkan uji hipotesis
menggunakan uji korelasi product moment yang dibantu program SPSS versi 22.
Berdasarkan hasil penelitian, lingkungan sekolah dan hasil belajar siswa
secara umum berada pada kategori baik. Uji hipotesis dengan taraf signifikansi
5% diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa lingkungan sekolah berhubungan
secara positif dan signifikan dengan hasil belajar siswa. Ditunjukkan oleh hasil
analisis nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,869 > 0,406) dan interpretasi
koefisien kolerasi “ sangat kuat”.
Dapat disimpulkan bahwa antara lingkungan sekolah dengan hasil belajar
mempunyai hubungan yang positif dan signifikan. Hasil penelitian ini diharapkan
dapat bermanfaat bagi siswa, guru, dan kepala sekolah. Saran yang diajukan ialah
hendaknya lingkungan sekolah diciptakan secara aman dan nyaman agar hasil
belajar siswa menjadi optimal.
Kata Kunci: lingkungan sekolah; hasil belajar


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Statement of Responsibility LIA YULI ASTUTI
Author(s) LIA YULI ASTUTI - Personal Name (Pengarang)
Edition Publish
Call Number R 023 LIA h
Subject(s) Skripsi Pendidikan Agama Islam
Classification 023
Series Title
GMD Pendidikan Agama Islam
Language
Publisher
Publishing Year 2019
Publishing Place Tangerang
Collation 165 hlm.; 21 cm x 30 cm
Specific Detail Info Xi, 165


Citation

LIA YULI ASTUTI. (2019).HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA MA AL-IJTIHAD KOTA TANGERANG(Publish).Tangerang:

LIA YULI ASTUTI.HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA MA AL-IJTIHAD KOTA TANGERANG(Publish).Tangerang:,2019.Pendidikan Agama Islam

LIA YULI ASTUTI.HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA MA AL-IJTIHAD KOTA TANGERANG(Publish).Tangerang:,2019.Pendidikan Agama Islam

LIA YULI ASTUTI.HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA MA AL-IJTIHAD KOTA TANGERANG(Publish).Tangerang:,2019.Pendidikan Agama Islam

 



Media Sosial / Kanal

Facebook Repository STAI Asy-Syukriyyah Official
Youtube Repository STAI Asy-Syukriyyah Official
Instagram Repository STAI Asy-Syukriyyah Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: [email protected]