HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA MA AL-IJTIHAD KOTA TANGERANG
LIA YULI ASTUTI - Personal Name (Pengarang)
Pendidikan Agama Islam
2019
Tangerang :
Hubungan Lingkungan Sekolah dengan Hasil Belajar
pendidikan Agama Islam siswa MA Al-Ijtihad Kota Tangerang. Prodi Pendidikan
Agama Islam, STAI Asy-Syukriyyah Kota Tangerang. Dosen Pembimbing:
Dahari,S.Sos.M.Pd.I dan Anggi Rivana, M.Pd.I.
Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor yang terjadi dalam
proses belajar baik internal maupun eksternal. Salah satu faktor eksternal yang
berperan dalam menentukan keberhasilan belajar siswa adalah lingkungan
sekolah. Fasilitas yang ada di sekolah juga sangat diperlukan untuk kegiatan
pembelajaran. Fasilitas yang tidak lengkap akan membuat proses pembelajaran
menjadi terhambat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah
hubungan antara lingkungan sekolah dengan hasil belajar. Tujuan dari penelitian
ini adalah pertama: Untuk mengetahui Lingkungan Sekolah MA Al-Ijtihad Kota
Tangerang. Kedua : Untuk mengetahui Hasil Belajar siswa kelas X MA Al-Ijtihad
Kota Tangerang pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Ketiga: Untuk
mengetahui apakah ada Hubungan Antara Lingkungan Sekolah dengan Hasil
Belajar Pendidikan Agama Islam MA Al-Ijtihad Kota Tangerang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian
sebanyak 48 responden dengan populasi sampling(yaitu populasi yang ada
dijadikan sampel. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner yang
berbentuk angket, tes tulis, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data
yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif sedangkan uji hipotesis
menggunakan uji korelasi product moment yang dibantu program SPSS versi 22.
Berdasarkan hasil penelitian, lingkungan sekolah dan hasil belajar siswa
secara umum berada pada kategori baik. Uji hipotesis dengan taraf signifikansi
5% diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa lingkungan sekolah berhubungan
secara positif dan signifikan dengan hasil belajar siswa. Ditunjukkan oleh hasil
analisis nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,869 > 0,406) dan interpretasi
koefisien kolerasi “ sangat kuat”.
Dapat disimpulkan bahwa antara lingkungan sekolah dengan hasil belajar
mempunyai hubungan yang positif dan signifikan. Hasil penelitian ini diharapkan
dapat bermanfaat bagi siswa, guru, dan kepala sekolah. Saran yang diajukan ialah
hendaknya lingkungan sekolah diciptakan secara aman dan nyaman agar hasil
belajar siswa menjadi optimal.
Kata Kunci: lingkungan sekolah; hasil belajar
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Statement of Responsibility |
LIA YULI ASTUTI |
Author(s) |
LIA YULI ASTUTI - Personal Name (Pengarang) |
Edition |
Publish |
Call Number |
R 023 LIA h |
Subject(s) |
Skripsi Pendidikan Agama Islam
|
Classification |
023 |
Series Title |
|
GMD |
Pendidikan Agama Islam |
Language |
|
Publisher |
|
Publishing Year |
2019 |
Publishing Place |
Tangerang |
Collation |
165 hlm.; 21 cm x 30 cm |
Specific Detail Info |
Xi, 165 |
Citation
LIA YULI ASTUTI. (2019).
HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA MA AL-IJTIHAD KOTA TANGERANG(Publish).Tangerang:
LIA YULI ASTUTI.
HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA MA AL-IJTIHAD KOTA TANGERANG(Publish).Tangerang:,2019.Pendidikan Agama Islam
LIA YULI ASTUTI.
HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA MA AL-IJTIHAD KOTA TANGERANG(Publish).Tangerang:,2019.Pendidikan Agama Islam
LIA YULI ASTUTI.
HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA MA AL-IJTIHAD KOTA TANGERANG(Publish).Tangerang:,2019.Pendidikan Agama Islam