PENERAPAN METODE KISAH DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN SANTRI RUMAH TAHFIZH NURUL QUR’AN AT-TAQWA KOTA TANGERANG
Ilyasa Malik - Personal Name (Pengarang)
Pendidikan Agama Islam
2019
Tangerang STAI Asy-Syukriyyah : Program Studi Pendidikan Agama Islam
Tujuan penelitian ini mendiskripsikan tentang penerapan metode kisah
dalam peningkatan pengetahuan santri Rumah Tahfizh Nurul Qur’an At-Taqwa
Kota Tangerang, serta dukungan dan hambatan yang dihadapi. Jenis penelitian ini
adalah penelitian lapangan field research yang bertempat di rumah Tahfizh Nurul
Qur’an At-Taqwa Kota Tangerang sebagai tempat studi kasus.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat
deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan
menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul
maka dilakukan analisis data dengan langkah sebagai berikut: reduksi data,
penyajian data, verifikasi data dan pengambilan keputusan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan: 1) penerapan metode kisah
dalam meningkatkan pengetahuan santri Rumah Tahfizh Qur’an Nurul At-Taqwa
Kota Tangerang diantaranya: meningkatnya pengetahuan agama yang didapatkan
santri, mengembangkan pengetahuan santri melalui kisah yang bersumber dari AlQur’an dan As-Sunnah, memberdayakan guru untuk menjadi contoh dari
pelajaran yang diajarkan kepada santri di rumah tahfizh, mengamalkan ilmu yang
di dapat di rumah-rumah. Dukungan dalam penerapan metode kisah dalam
peningkatan pengetahuan dari kepala sekolah, dukungan dari ketua kurikulum,
dukungan dari para orang tua atau walai santri, dan dukungan dari masyarakat.
Hambatan yang di alami guru pada peningkatan pengetahuan ada dua faktor yaitu:
faktor internal dan faktor eksternal. Hambatan faktor internal anatara lain;
terbatasnya alokasi waktu pembelajaran, padatnya jadwal kegiatan, guru yang
terkadang belum bisa merubah bahasa kisah kedalam bahasa anak-anak, sikap
kurang pedulinya sebagai guru terhadap metode mengajar yang kurangt berhasil,
sikap kurang perdulinya santri terhadap pelajaran, kurangnya kretifitas guru
ii
terhadap pembelajaran. Hambatan pada faktor eksternal antara lain: kurangnya
dukungan dari orang tua santri atau wali santri dalam peningkatan pengetahuan,
pengaruh negative lingkungan disekitar dan pengaruh negative informasi dan
teknologi yang berkembang saat ini.
Kata kunci: Metode Kisah, Pengetahuan Agama
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Statement of Responsibility |
Ilyasa Malik |
Author(s) |
Ilyasa Malik - Personal Name (Pengarang) |
Edition |
Publish |
Call Number |
031 ILY p |
Subject(s) |
Skripsi Pendidikan Agama Islam
|
Classification |
031 |
Series Title |
|
GMD |
Pendidikan Agama Islam |
Language |
|
Publisher |
Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Publishing Year |
2019 |
Publishing Place |
Tangerang STAI Asy-Syukriyyah |
Collation |
123 hlm.; 21 Cm X 30 Cm |
Specific Detail Info |
123 hlm.; 21 Cm X 30 Cm |
Citation
Ilyasa Malik. (2019).
PENERAPAN METODE KISAH DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN SANTRI RUMAH TAHFIZH NURUL QUR’AN AT-TAQWA KOTA TANGERANG(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam
Ilyasa Malik.
PENERAPAN METODE KISAH DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN SANTRI RUMAH TAHFIZH NURUL QUR’AN AT-TAQWA KOTA TANGERANG(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2019.Pendidikan Agama Islam
Ilyasa Malik.
PENERAPAN METODE KISAH DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN SANTRI RUMAH TAHFIZH NURUL QUR’AN AT-TAQWA KOTA TANGERANG(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2019.Pendidikan Agama Islam
Ilyasa Malik.
PENERAPAN METODE KISAH DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN SANTRI RUMAH TAHFIZH NURUL QUR’AN AT-TAQWA KOTA TANGERANG(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2019.Pendidikan Agama Islam