PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TYPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPI AL-MABRUROH BUARAN INDAH KOTA TANGERANG
Dian Fitriyani - Personal Name (Pengarang)
Pendidikan Agama Islam
2018
Tangerang STAI Asy-Syukriyyah : Program Studi Pendidikan Agama Islam
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Cooperative
Learning Type Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap Hasil
Belajar Pendidikan Agama Islam di SMPI Al-Mabruroh Buaran Indah Kota
Tangerang.
Hipotesis yang diuji adalah terdapat pengaruh yang signifikan Metode
Cooperative Learning Type Student Team Achievement Divisions (STAD)
terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMPI Al-Mabruroh Buaran
Indah Kota Tangerang. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dan
deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian yakni seluruh siswa yang berjumlah 129
siswa. Sedangkan sampel diambil dengan teknik random sampling yakni
berjumlah 47 siswa, diambil 37 % dari jumlah populasi terjangkau.
Instrumen penelitian untuk mengukur Metode Cooperative Learning Type
Student Team Achievement Divisions (STAD) menggunakan angket (kuesioner).
Validitas dihitung dengan teknik korelasi product moment. Reliabilitas dihitung
dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji coba menunjukkan bahwa 25 butir soal
dinyatakan valid, dan reliabilitas r hitung = 0,9.74 Uji persyaratan analisis yakni
uji normalitas menggunakan uji liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji
fisher. Analisis Inferensial (Uji Hipotesis) dengan analisis regresi dan korelasi
sederhana.
Hasil penelitian menyimpulkan hal – hal sebagai berikut : terdapat
pengaruh signifikan Metode Cooperative Learning Type Student Team
Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar PAI di SMPI Al-Mabruroh
Buaran Indah Kota Tangerang., dengan koefisien korelasi = 0,946 pada taraf
signifikansi a=0,05
Hasil penelitian ini diharapkan agar berguna untuk memperbaiki kualitas
pembelajaran sehingga hasil belajar yang diperoleh relatif baik dan mencapai
tujuan pendidikan .
Detail Information
Bagian
Informasi
Statement of Responsibility
Dian Fitriyani
Author(s)
Dian Fitriyani - Personal Name (Pengarang)
Edition
Publish
Call Number
035 DIA p
Subject(s)
Skripsi Pendidikan Agama Islam
Classification
035
Series Title
GMD
Pendidikan Agama Islam
Language
Publisher
Program Studi Pendidikan Agama Islam
Publishing Year
2018
Publishing Place
Tangerang STAI Asy-Syukriyyah
Collation
116 hlm.; 21 Cm X 30 Cm
Specific Detail Info
116 hlm.; 21 Cm X 30 Cm
Citation
APA Style
Dian Fitriyani . (2018).
PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TYPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPI AL-MABRUROH BUARAN INDAH KOTA TANGERANG (Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam
Chicago Style
Dian Fitriyani .
PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TYPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPI AL-MABRUROH BUARAN INDAH KOTA TANGERANG (Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2018.Pendidikan Agama Islam
MLA Style
Dian Fitriyani .
PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TYPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPI AL-MABRUROH BUARAN INDAH KOTA TANGERANG (Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2018.Pendidikan Agama Islam
Turabian Style
Dian Fitriyani .
PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TYPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPI AL-MABRUROH BUARAN INDAH KOTA TANGERANG (Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2018.Pendidikan Agama Islam