PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SMA AL-HUSNA TANGERANG
SULISTIA AULIA - Personal Name (Pengarang)
Pendidikan Agama Islam
2018
Tangerang STAI Asy-Syukriyyah : Program Studi Pendidikan Agama Islam
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik
guru terhadap hasil belajar siswa di SMA Al-Husna pada mata pelajaran Akidah
Akhlak.
Hipotesis yang diuji adalah terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh
kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Akidah Akhlak di SMA AL-Husna Tangerang. Penelitian ini dilakukan dengan
metode survey dan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah populasi
terjangkau yakni siswa kelas X SMA Al-Husna Tangerang yang berjumlah 129
siswa. Sedangkan sampel diambil dengan teknik random sampling yakni
berjumlah 45 siswa, diambil 35 % dari jumlah populasi terjangkau.
Instrumen penelitian untuk mengukur kompetensi pedagogik guru
menggunakan angket ( kuesioner ). Validitas dihitung dengan teknik korelasi
product moment. Reliabilitas dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji
coba menunjukkan bahwa 21 butir soal dinyatakan valid, dan reliabilitas r hitung
= 0,8.. Instrumen penelitian untuk mengukur hasil belajar siswa menggunakan
soal PG. Validitas dihitung dengan teknik point biserial dengan menghasilkan 23
soal yang valid dan reliabilitas r hitung = 0,8.Uji persyaratan analisis yakni uji
normalitas menggunakan uji liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji fisher.
Analisis Inferensial (Uji Hipotesis) dengan analisis regresi dan korelasi sederhana
Hasil penelitian menyimpulkan hal – hal sebagai berikut : terdapat
pengaruh signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa kelas
pada mata pelajaran Akidah Akhlak di SMA Al-Husna Tangerang dengan
koefisien korelasi = 0,96 pada taraf signifikansi 0,05.
Hasil penelitian ini diharapkan agar berguna untuk memperbaiki kualitas
pembelajaran sehingga hasil belajar yang diperoleh relatif baik dan mencapai
tujuan pendidikan .
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Statement of Responsibility |
SULISTIA AULIA |
Author(s) |
SULISTIA AULIA - Personal Name (Pengarang) |
Edition |
Publish |
Call Number |
037 SUS p |
Subject(s) |
Skripsi Pendidikan Agama Islam
|
Classification |
037 |
Series Title |
|
GMD |
Pendidikan Agama Islam |
Language |
|
Publisher |
Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Publishing Year |
2018 |
Publishing Place |
Tangerang STAI Asy-Syukriyyah |
Collation |
118 hlm.; 21 Cm X 30 Cm |
Specific Detail Info |
118 hlm.; 21 Cm X 30 Cm |
Citation
SULISTIA AULIA. (2018).
PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SMA AL-HUSNA TANGERANG(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam
SULISTIA AULIA.
PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SMA AL-HUSNA TANGERANG(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2018.Pendidikan Agama Islam
SULISTIA AULIA.
PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SMA AL-HUSNA TANGERANG(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2018.Pendidikan Agama Islam
SULISTIA AULIA.
PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SMA AL-HUSNA TANGERANG(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2018.Pendidikan Agama Islam