Record Detail

PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SMA AL-HUSNA TANGERANG

PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SMA AL-HUSNA TANGERANG


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik
guru terhadap hasil belajar siswa di SMA Al-Husna pada mata pelajaran Akidah
Akhlak.
Hipotesis yang diuji adalah terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh
kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Akidah Akhlak di SMA AL-Husna Tangerang. Penelitian ini dilakukan dengan
metode survey dan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah populasi
terjangkau yakni siswa kelas X SMA Al-Husna Tangerang yang berjumlah 129
siswa. Sedangkan sampel diambil dengan teknik random sampling yakni
berjumlah 45 siswa, diambil 35 % dari jumlah populasi terjangkau.
Instrumen penelitian untuk mengukur kompetensi pedagogik guru
menggunakan angket ( kuesioner ). Validitas dihitung dengan teknik korelasi
product moment. Reliabilitas dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji
coba menunjukkan bahwa 21 butir soal dinyatakan valid, dan reliabilitas r hitung
= 0,8.. Instrumen penelitian untuk mengukur hasil belajar siswa menggunakan
soal PG. Validitas dihitung dengan teknik point biserial dengan menghasilkan 23
soal yang valid dan reliabilitas r hitung = 0,8.Uji persyaratan analisis yakni uji
normalitas menggunakan uji liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji fisher.
Analisis Inferensial (Uji Hipotesis) dengan analisis regresi dan korelasi sederhana
Hasil penelitian menyimpulkan hal – hal sebagai berikut : terdapat
pengaruh signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa kelas
pada mata pelajaran Akidah Akhlak di SMA Al-Husna Tangerang dengan
koefisien korelasi = 0,96 pada taraf signifikansi 0,05.
Hasil penelitian ini diharapkan agar berguna untuk memperbaiki kualitas
pembelajaran sehingga hasil belajar yang diperoleh relatif baik dan mencapai
tujuan pendidikan .


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Statement of Responsibility SULISTIA AULIA
Author(s) SULISTIA AULIA - Personal Name (Pengarang)
Edition Publish
Call Number 037 SUS p
Subject(s) Skripsi Pendidikan Agama Islam
Classification 037
Series Title
GMD Pendidikan Agama Islam
Language
Publisher Program Studi Pendidikan Agama Islam
Publishing Year 2018
Publishing Place Tangerang STAI Asy-Syukriyyah
Collation 118 hlm.; 21 Cm X 30 Cm
Specific Detail Info 118 hlm.; 21 Cm X 30 Cm


Citation

SULISTIA AULIA. (2018).PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SMA AL-HUSNA TANGERANG(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam

SULISTIA AULIA.PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SMA AL-HUSNA TANGERANG(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2018.Pendidikan Agama Islam

SULISTIA AULIA.PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SMA AL-HUSNA TANGERANG(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2018.Pendidikan Agama Islam

SULISTIA AULIA.PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SMA AL-HUSNA TANGERANG(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2018.Pendidikan Agama Islam

 



Media Sosial / Kanal

Facebook Repository STAI Asy-Syukriyyah Official
Youtube Repository STAI Asy-Syukriyyah Official
Instagram Repository STAI Asy-Syukriyyah Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: [email protected]