PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 22 KABUPATEN TANGERANG
YOLAN LIANINGSIH - Personal Name (Pengarang)
Pendidikan Agama Islam
2018
Tangerang STAI Asy-Syukriyyah : Program Studi Pendidikan Agama Islam
Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif deskriftif, menggunakan metode teknik
penyebaran angket dengan pengambilan sampel, dilakukan secara random,
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan IPS di SMAN 22
Kabupaten Tangerang. Sampel yang diambil 60 diperoleh menggunakan rumus
Slovan. Pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, Penelitian ini
terdiri atas Kecerdasan Emosional Guru sebagai variabel bebas, dan Motivasi
Belajar Siswa sebagai variabel terikat. Penelitian menggunakan skala Likert
kuesioner berskala lima. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara
Kecerdasan Emosional Guru terhadap Motivasi Belajar siswa.
Hasil uji validitas kedua variabel Kecerdasan Emosional Guru (X) dan Motivasi
Belajar Siswa (Y) diperoleh dari korelasi antara skor tabel dan skor item. Hasil uji
reliabilitas instrument pada kedua variabel didapat dari nilai Cronbach’s Alpha,
realibel dapat diterima. Hasil uji prasyarat analisis uji normalitas data pada kedua
variabel dinyatakan berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas varian dan hasil
Uji F, kedua variabel mempunyai varian yang sama atau bersifat homogen. Hasil
Uji determinasi diketahui besarnya kontribusi variabel Kecerdasan Emosional
Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa sebesar 0.047. Kesimpulan dari penelitian
ini terdapat pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Motivasi Belajar Siswa
sebesar 4,7%, artinya semakin meningkat Kecerdasan Emosional Guru, maka
semakin baik pula Motivasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan agama
Islam yang akan dicapai meskipun nilainya rendah. Pengujian hipotesis analisis
korelasi antara variabel Kecerdasan Emosional Guru dengan Motivasi Belajar
Siswa Signifikansi nilai 0.039 < 0.05, artinya terdapat hubungan positif dan
signifikan antara kedua variabel.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Statement of Responsibility |
YOLAN LIANINGSIH |
Author(s) |
YOLAN LIANINGSIH - Personal Name (Pengarang) |
Edition |
Publish |
Call Number |
038 YOL p |
Subject(s) |
Skripsi Pendidikan Agama Islam
|
Classification |
038 |
Series Title |
|
GMD |
Pendidikan Agama Islam |
Language |
|
Publisher |
Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Publishing Year |
2018 |
Publishing Place |
Tangerang STAI Asy-Syukriyyah |
Collation |
167 hlm.; 21 Cm X 30 Cm |
Specific Detail Info |
167 hlm.; 21 Cm X 30 Cm |
Citation
YOLAN LIANINGSIH. (2018).
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 22 KABUPATEN TANGERANG(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam
YOLAN LIANINGSIH.
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 22 KABUPATEN TANGERANG(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2018.Pendidikan Agama Islam
YOLAN LIANINGSIH.
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 22 KABUPATEN TANGERANG(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2018.Pendidikan Agama Islam
YOLAN LIANINGSIH.
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 22 KABUPATEN TANGERANG(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2018.Pendidikan Agama Islam