EFEKTIVITAS APLIKASI ELSA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 32 KOTA TANGERANG
JAN PAHLEVI FIRDAUS - Personal Name (Pengarang)
Pendidikan Agama Islam
2021
Tangerang STAI Asy-Syukriyyah : Program Studi Pendidikan Agama Islam
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Era 4.0 di SMP Negeri
Kota Tangerang. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif
lapangan, populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh
kelas delapan (8) yang berjumlah 323 Siswa/i. Sample yang diambil
dengan teknik angket pada kelas delapan satu (8.1) dan delapan dua (8.2)
yang berjumlah 72 Siswa/i di SMP Negeri 32 Kota Tangerang.
Setelah melakukan analisa dan pembahasan dalam penelitian ini,
maka penulis dapat mengetahui adanya Efektivitas Aplikasi Elsa dalam
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini dibuktikan dengan
penggunaan media ELSA (E-Learning System Aplication) yang dijadikan
sumber pemecahan masalah pada masa pandemi saat ini di SMP Negeri
32 Kota Tangerang. Maka, sistem ELSA yang digunakan itu dapat
memberikan dampak yang positif dengan segala kelebihannya.
Namun, peneliti menemukan kelemahan yang ada pada media
ELSA. Dimana media ElSA tidak dapat memberikan perubahan kepada
sikap peserta didik secara menyeluruh. Karena pembelajaran Agama
Islam harus didasari dengan sikap yang baik dan dapat menjadi teladan
bagi manusia. dengan membimbing siswa siswi SMP Negeri 32 Kota
Tangerang dalam menggunakan media digital pada era 4.0 saat ini.
Maka perlu adanya bimbingan dan panduan seorang guru dalam
menggunakan alat - alat digital yang semakin modern pada era 4.0.
Dimana zaman akan selalu berkembang dengan itu cara penyampaian
dan pembelajaran pendidikan agama islam akan terus berkembang
diiringi dengan kecanggihan media yang eksis pada zaman itu. Setiap
adanya perkembangan pasti akan banyak pro dan kontra mulai dari
sulitnya memantau sikap dan sifat siswa siswi serta cara mengajarkan
mereka tentang adab dalam agama islam. Terkadang siswa siswi acuh tak
acuh karena terlalu banyak menggunakan media industri 4.0 sehingga
lupa akan identitas mereka sebagai pelajar.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Statement of Responsibility |
JAN PAHLEVI FIRDAUS |
Author(s) |
JAN PAHLEVI FIRDAUS - Personal Name (Pengarang) |
Edition |
Publish |
Call Number |
062 JAN e |
Subject(s) |
Skripsi Pendidikan Agama Islam
|
Classification |
062 |
Series Title |
|
GMD |
Pendidikan Agama Islam |
Language |
|
Publisher |
Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Publishing Year |
2021 |
Publishing Place |
Tangerang STAI Asy-Syukriyyah |
Collation |
120 hlm.; 21 Cm X 30 Cm |
Specific Detail Info |
120 hlm.; 21 Cm X 30 Cm |
Citation
JAN PAHLEVI FIRDAUS. (2021).
EFEKTIVITAS APLIKASI ELSA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 32 KOTA TANGERANG(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam
JAN PAHLEVI FIRDAUS.
EFEKTIVITAS APLIKASI ELSA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 32 KOTA TANGERANG(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2021.Pendidikan Agama Islam
JAN PAHLEVI FIRDAUS.
EFEKTIVITAS APLIKASI ELSA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 32 KOTA TANGERANG(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2021.Pendidikan Agama Islam
JAN PAHLEVI FIRDAUS.
EFEKTIVITAS APLIKASI ELSA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 32 KOTA TANGERANG(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2021.Pendidikan Agama Islam