PERANAN GURU TAHFIDZ DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SMA AL-HUSNA
BUCHORY ASSIDIK - Personal Name (Pengarang)
Pendidikan Agama Islam
2020
Tangerang STAI Asy-Syukriyyah : Program Studi Pendidikan Agama Islam
Menghafal Al-Qur’an merupakan perbuatan yang sangat mulia, kegiatan
tersebut semata-mata memprioritaskan diri untuk selalu membaca, berinteraksi, dan
selalu dekat dengan Al-Qur’an, selain dari itu kepedulian kita dalam menjaga
kemurnian Al-Quran ialah dengan cara menghafalkan dan mentadaburinya. SMA
Al-Husna Kota Tangerang merupakan salah satu lembaga pendidikan yang
menjadikan pembelajaran Tahfidz sebagai mata pelajaran di sekolah. Seluruh siswa
diwajibkan untuk mengikuti pembelajaran dengan hafalan yang telah ditargetkan
sesuai dengan tingkatan kelasnya masing-masing.
Tujuan penelitian ini supaya pembelajaran Tahfidz di SMA Al-Husna Kota
Tangerang dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan. Berdasarkan paparan
diatas peneliti ingin mengetahui lebih dalam tentang Peranan Guru Tahfidz Dalam
Pembelajaran Al-Qur’an Di SMA Al-Husna.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif,
penelitian dilakukan mulai pada bulan September 2019 sampai dengan bulan April
2020 yang bertempat di SMA Al-Husna Kota Tangerang. Subjek penelitian ialah
guru Tahfidz, sedangkan informan penelitian ialah kepala sekolah, wakil kepala
sekolah, waka. Kurikulum, dan guru PAI SMA Al-Husna Kota Tangerang. Metode
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Tahapan selanjutnya analisis data yaitu
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Hasil penelitian tentang Peranan Guru Tahfidz Dalam Pembelajaran AlQur’an Di SMA Al-Husna yaitu: dalam proses pelaksanaan pembelajaran guru
Tahfidz mengawali dengan materi tahsinul Qur’an, memuroja’ah hafalan yang
pertemuan sebelumnya, kemudian siswa di tugaskan untuk menghafal hafalan baru
yang akan disetorkan, memberikan pujian dan penghargaan untuk menjaga
motivasi peserta didik dengan memberikan penilaian di raport, dan bekerja sama
dengan guru lain dalam membimbing peserta didik untuk selalu memurojaah
hafalan Al-Qur’annya.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Statement of Responsibility |
BUCHORY ASSIDIK |
Author(s) |
BUCHORY ASSIDIK - Personal Name (Pengarang) |
Edition |
Publish |
Call Number |
065 BUC p |
Subject(s) |
Skripsi Pendidikan Agama Islam
|
Classification |
065 |
Series Title |
|
GMD |
Pendidikan Agama Islam |
Language |
|
Publisher |
Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Publishing Year |
2020 |
Publishing Place |
Tangerang STAI Asy-Syukriyyah |
Collation |
148 hlm.; 21 Cm X 30 Cm |
Specific Detail Info |
148 hlm.; 21 Cm X 30 Cm |
Citation
BUCHORY ASSIDIK. (2020).
PERANAN GURU TAHFIDZ DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SMA AL-HUSNA(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam
BUCHORY ASSIDIK.
PERANAN GURU TAHFIDZ DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SMA AL-HUSNA(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2020.Pendidikan Agama Islam
BUCHORY ASSIDIK.
PERANAN GURU TAHFIDZ DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SMA AL-HUSNA(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2020.Pendidikan Agama Islam
BUCHORY ASSIDIK.
PERANAN GURU TAHFIDZ DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SMA AL-HUSNA(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2020.Pendidikan Agama Islam