PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMA NEGERI 101 JAKARTA
IMAM MUJAHID ISLAM - Personal Name (Pengarang)
Pendidikan Agama Islam
2020
Tangerang STAI Asy-Syukriyyah : Program Studi Pendidikan Agama Islam
Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Hasil Belajar PAI
SMA Negeri 101 Kota Jakarta: Program Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi
Agama Islam Asy-Syukriyyah.
Pendidikan hadir untuk memberikan fasilitas kepada masyarakat agar mendapatkan
pengetahuan, pemahaman dan juga pengalaman. Pendidikan Agama Islam
khususnya memiliki peran dalam membentuk pemikiran dan juga perilaku
seseorang ke arah yang sesuai dengan Islam, adapun hasil belajar juga menjadi
tujuan yang tak kalah penting. Melalui pendidikan karakter dengan nilai-nilai Islam
perilaku seseorang diarahkan, tetapi ternyata masih cukup banyak ditemukannya
kasus siswa menyontek jawaban temannya, bolos saat belajar, merokok di toilet dan
lainnya. Perilaku mereka yang seperti ini bisa saja memengaruhi mereka ketika
belajar sehingga hasil belajarnya bisa jadi tidak maksimal seperti yang diharapkan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor-faktor yang dapat
memengaruhi Hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan apakah ada pengaruh
antara Pendidikan Karakter terhadap Hasil Belajar siswa SMA Negeri 101 Jakarta.
Penelitian ini dilakukan mengggunakan pendekatan Kuantitatif dan metode
penelitian survei. Dengan siswa yang menjadi responden sebanyak 36 Siswa.
Instrument yang digunakan berupa angket (kuesioner). Angket ini berupa
pertanyaan dari variabel X berjumlah 30 soal dan variabel Y 45 soal.
Semua data dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis statistik
deskripitif dan inferensial menggunakan teknik analisis korelasi product moment
yang kemudian dianalisis dengan analisis regresi sederhana untuk menguji
hipotesis yang telah diajukan.
Penelitian ini menunjukkan bahwa : pengaruh pendidikan karakter (variabel X)
termasuk dalam kategori baik, yaitu berada pada interval kelas 101 – 148 dengan
nilai rata-rata 122,94, dan standar deviasi sebesar 11,29. Hasil belajar Pendidikan
Agama Islam siswa SMA Negeri 101 Jakarta (Y) termasuk dalam kategori baik
yaitu pada interval 1-46 dengan nilai rata-rata 39 dan standar deviasi sebesar 3,44.
Dibuktikan dengan regresi Ŷ = 4,05 + 0,29 X dan hasil varian regresi Fhitung 11,353
> Ftabel 1,757 berarti signifikan sehingga hipotesis diterima. Jadi kesimpulannya
terdapat “Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama
Islam siswa SMA Negeri 101 Jakarta”.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Statement of Responsibility |
IMAM MUJAHID ISLAM |
Author(s) |
IMAM MUJAHID ISLAM - Personal Name (Pengarang) |
Edition |
Publish |
Call Number |
068 IMA p |
Subject(s) |
Skripsi Pendidikan Agama Islam
|
Classification |
068 |
Series Title |
|
GMD |
Pendidikan Agama Islam |
Language |
|
Publisher |
Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Publishing Year |
2020 |
Publishing Place |
Tangerang STAI Asy-Syukriyyah |
Collation |
136 hlm.; 21 Cm X 30 Cm |
Specific Detail Info |
136 hlm.; 21 Cm X 30 Cm |
Citation
IMAM MUJAHID ISLAM. (2020).
PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMA NEGERI 101 JAKARTA(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam
IMAM MUJAHID ISLAM.
PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMA NEGERI 101 JAKARTA(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2020.Pendidikan Agama Islam
IMAM MUJAHID ISLAM.
PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMA NEGERI 101 JAKARTA(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2020.Pendidikan Agama Islam
IMAM MUJAHID ISLAM.
PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMA NEGERI 101 JAKARTA(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2020.Pendidikan Agama Islam