IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MTs DAARUL MUQORROBIIN KOTA TANGERANG
SYIFA HILALIA - Personal Name (Pengarang)
Pendidikan Agama Islam
2021
Tangerang STAI Asy-Syukriyyah : Program Studi Pendidikan Agama Islam
Pembelajaran Al-Qur’an harus memiliki metode yang tepat supaya dapat menghasilkan cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan ilmu tajwid, dengan menerapkan metode ummi pada pembelajaran baca tulis Al- Qur’an untuk dapat mengatasi permasalahan dalam mempelajari Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui implementasi metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an bagi siswa-siswi/santri. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an bagi siswa-siswi/santri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penedakatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan yang bersifat analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MTs Daarul Muqorrobin Pinang Kota Tangerang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Teknik analisi data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa implementasi dari metode ummi ialah menggunakan bahasa yang mudah dipahami, dan menggunakan pendekatan yang sangat baik bagi siswa siswi, Sedangkan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode ummi dalam mempelajari baca tulis Al-Qur‟an, yaitu tingkat antusias siswa-siswi/santri masih sangat minim, tingkat ingatan siswa-siswi/santri sangat terbatas, dan kesulitan dalam penglihatan pada saat proses pembelajaran membaca Al-Qur’an sangat kurang karena faktor umur. Kesimpulan dalam penelitian ini ialah pembelajaran Al- Qur’an yang dipelajari siswa-siswi/santri diantaranya mempelajari cara membaca Al-Qur‟an dengan baik dan benar sesuai dengan ilmu tajwid, mempelajari cara penulisan ayat-ayat Al-Qur’an dengan benar, serta memahami isi kandungan Al- Qur’an yang dipelajari.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Statement of Responsibility |
SYIFA HILALIA |
Author(s) |
SYIFA HILALIA - Personal Name (Pengarang) |
Edition |
Publish |
Call Number |
076 SYI i |
Subject(s) |
Skripsi Pendidikan Agama Islam
|
Classification |
076 |
Series Title |
|
GMD |
Pendidikan Agama Islam |
Language |
|
Publisher |
Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Publishing Year |
2021 |
Publishing Place |
Tangerang STAI Asy-Syukriyyah |
Collation |
107 hlm.; 21 Cm X 30 Cm |
Specific Detail Info |
107 hlm.; 21 Cm X 30 Cm |
Citation
SYIFA HILALIA. (2021).
IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MTs DAARUL MUQORROBIIN KOTA TANGERANG(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam
SYIFA HILALIA.
IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MTs DAARUL MUQORROBIIN KOTA TANGERANG(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2021.Pendidikan Agama Islam
SYIFA HILALIA.
IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MTs DAARUL MUQORROBIIN KOTA TANGERANG(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2021.Pendidikan Agama Islam
SYIFA HILALIA.
IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MTs DAARUL MUQORROBIIN KOTA TANGERANG(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2021.Pendidikan Agama Islam