PERAN AYAH DALAM PENDIDIKAN ANAK STUDI TAFSIR AL AZHAR (Analisis QS Luqman 13-19)
MOHAMAD HUSNI - Personal Name (Pengarang)
Ilmu Al Qur'an & Tafsir
2021
Tangerang STAI Asy-Syukriyyah : Program Studi Ilmu Al Qur'an & Tafsir
Ayah adalah pemimpin bagi keluarga, ia bertanggung jawab akan segala permasalahan yang ada di dalam keluarga, tapi dewasa ini banyak ayah yang hanya memfokuskan kewajibannya untuk permasalahan ekonomi saja tanpa melihat permasalahan pendidikan keluarga khususnya anak. Ini berbanding terbalik dengan apa yang diajarkan dalam Al-Qur’an, dimana permasalahan pendidikan anak adalah salah satu tanggung jawab seorang ayah.
Fokus kajian skripsi ini mengenai bagaimana pandangan Buya Hamka mengenai peran ayah di dalam memberikan pendidikan terhadap anak serta mencoba untuk menguak aspek-aspek apa saja dan bagaimana metode yang diperlukan bagi seorang ayah dalam mendidik anak yang terdapat didalam tafsir Al-Azhar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) dengan menggunakan data primer tafsir Al-Azhar karangan Buya Hamka.
Penelitian ini menggunakan pendekatan tematik. Adapun langkah pokok analisis data dalam penelitian ini diawali dengan inventarisasi teks berupa ayat, mengkaji teks, melihat historis ayat dan melihat hadits. Selanjutnya dinterpretasikan secara objektif dan dituangkan secara deskriptif kemudian ditarik beberapa kesimpulan secara deduktif. Hasil penelitian ini berdasarkan ayat-ayat yang dikaji, menyatakan bahwa peran seorang ayah dalam Pendidikan anak telah dijelaskan dalam Al- Qur’an lengkap dengan bagaimana cara mendidiknya.
Dalam tafsir al-Azhar di paparkan bahwa pendidikan anak seperti pendidikan Tauhid (Q.S Luqman ayat 13), Pendidikan akhlak (Q.S Luqman ayat 14,15), Pendidikan ibadah (Q.S Luqman ayat 16,17) Pendidikan Sosial (Q.S Luqman ayat 18,19) adalah pendidikan yang harus diberikan oleh seorang ayah kepada anaknya. Sikap seorang ayah dalam mendidik seperti ikhlas, bertaqwa, berilmu dan bersabar juga harus diutamakan karena merupakan hal yang pertama yang akan dicontoh oleh anaknya. Didalam tafsir Al-Azhar dijelaskan bagaimana metode yang efektif untuk mendidik anak diantaranya adalah metode nasehat, keteladanan, dialog, dan pembiasaan.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Statement of Responsibility |
MOHAMAD HUSNI |
Author(s) |
MOHAMAD HUSNI - Personal Name (Pengarang) |
Edition |
Publish |
Call Number |
R 082 HUS p |
Subject(s) |
Skripsi Ilmu Alquran dan Tafsir
|
Classification |
082 |
Series Title |
|
GMD |
Ilmu Al Qur'an & Tafsir |
Language |
|
Publisher |
Program Studi Ilmu Al Qur'an & Tafsir |
Publishing Year |
2021 |
Publishing Place |
Tangerang STAI Asy-Syukriyyah |
Collation |
120 hlm.; 21 Cm X 30 Cm |
Specific Detail Info |
120 hlm.; 21 Cm X 30 Cm |
Citation
MOHAMAD HUSNI. (2021).
PERAN AYAH DALAM PENDIDIKAN ANAK STUDI TAFSIR AL AZHAR (Analisis QS Luqman 13-19)(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Ilmu Al Qur'an & Tafsir
MOHAMAD HUSNI.
PERAN AYAH DALAM PENDIDIKAN ANAK STUDI TAFSIR AL AZHAR (Analisis QS Luqman 13-19)(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Ilmu Al Qur'an & Tafsir,2021.Ilmu Al Qur'an & Tafsir
MOHAMAD HUSNI.
PERAN AYAH DALAM PENDIDIKAN ANAK STUDI TAFSIR AL AZHAR (Analisis QS Luqman 13-19)(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Ilmu Al Qur'an & Tafsir,2021.Ilmu Al Qur'an & Tafsir
MOHAMAD HUSNI.
PERAN AYAH DALAM PENDIDIKAN ANAK STUDI TAFSIR AL AZHAR (Analisis QS Luqman 13-19)(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Ilmu Al Qur'an & Tafsir,2021.Ilmu Al Qur'an & Tafsir