KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM PRESPEKTIF AL-QURAN (Studi Komparatif Penafsiran Surah Luqman Ayat 16-19 Antara Tafsir al-Quran Al-Azhim dan Tafsir Muyassar)
Darman Lifumangau - Personal Name (Pengarang)
Ilmu Al Qur'an & Tafsir
2022
Tangerang STAI Asy-Syukriyyah : Program Studi Ilmu Al Qur'an & Tafsir
KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM PRESPEKTIF
AL-QUR’AN (Studi Komparatif Penafsiran Surah Luqman Ayat 16-19Antara
Tafsir al-Qur’an Al-‘Azhim dan Tafsir Muyassar). Skripsi . Tanggerang. Ilmu alQura’an dan Tafsir Sekolah Tinggi Agama Islam Asy-Syukriyah.
Pada skripsi ini penulis mengawali pembahasan tentang pendidikan Anak
dalam Islam, tujuan pendidikan, Sumber pendidikan Islam, metode pendidikan
dalam Islam, dan peran orang tua terhadap pendidikan anak, kemudian penulis
merangkul secara global tentang pendidikan anak dalam al-Qur’an, analisis
pendidikan anak dalam surah Luqman ayat 16-19, persamaan dan perbedaan Tafsir
Ibnu Katsir dan Tafsir Muyassar, dan analisis pendidikan anak dalam al-Qur’an.
Metologi penelitian dalam skripsi ini dilakukan dengan metode penelitian
perpustakaan (library reseach). Yaitu penelitian yang dilakukan melalui riset
berbagai buku atau literatur yang berkaitan dengan masalah penelitian. Literatur
yang diteliti buku yang berkaitan dengan pendidikan Islam dalam al-Qur’an dan
kitab-kitab Tafsir berkaitan dengan surah Luqman ayat 16-19. Dari literatur tersebut
dapat ditemukan berbagai pendapat yang digunakan untuk menganalisis dan
menjawab permasalahan penelitian. Berdasarkan jenis data, peneltian ini adalah
penelitian kualitatif.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:
Bagaimana materi Pendidikan dalam Al-Qur’an surah Luqman (16-19), Bagaimana
metode pendidkan Anak dalam Al-Qur’an surah Luqman (16-19).
Kesimpulan dari skripsi ini yaitu, hikmah, Nasehat, dan revansi pendidikan
anak dalam al-Qur’an dalam kehidupan moderen. Hikmah dari nasehat Luqmanul
Hakim sebagai salah satu bukti bahwa nasehat merupakan hal yang paling penting
dalam pendidikan anak, maka relevansinya nasehat dalam kehidupan moderen
yakni, menanamkan pendidikan tauhid dalam diri anak, beramar ma’ruf nahi
mungkar dengan akhlak yang mulia, dan menjadikan akhirat sebagai tujuan hidup.
Detail Information
Bagian
Informasi
Statement of Responsibility
Darman Lifumangau
Author(s)
Darman Lifumangau - Personal Name (Pengarang)
Edition
Publish
Call Number
R 096 DAR k
Subject(s)
Skripsi Ilmu Alquran dan Tafsir
Classification
096
Series Title
GMD
Ilmu Al Qur'an & Tafsir
Language
Publisher
Program Studi Ilmu Al Qur'an & Tafsir
Publishing Year
2022
Publishing Place
Tangerang STAI Asy-Syukriyyah
Collation
99 hlm.; 21 Cm X 30 Cm
Specific Detail Info
99 hlm.; 21 Cm X 30 Cm
Citation
APA Style
Darman Lifumangau . (2022).
KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM PRESPEKTIF AL-QURAN (Studi Komparatif Penafsiran Surah Luqman Ayat 16-19 Antara Tafsir al-Quran Al-Azhim dan Tafsir Muyassar) (Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Ilmu Al Qur'an & Tafsir
Chicago Style
Darman Lifumangau .
KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM PRESPEKTIF AL-QURAN (Studi Komparatif Penafsiran Surah Luqman Ayat 16-19 Antara Tafsir al-Quran Al-Azhim dan Tafsir Muyassar) (Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Ilmu Al Qur'an & Tafsir,2022.Ilmu Al Qur'an & Tafsir
MLA Style
Darman Lifumangau .
KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM PRESPEKTIF AL-QURAN (Studi Komparatif Penafsiran Surah Luqman Ayat 16-19 Antara Tafsir al-Quran Al-Azhim dan Tafsir Muyassar) (Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Ilmu Al Qur'an & Tafsir,2022.Ilmu Al Qur'an & Tafsir
Turabian Style
Darman Lifumangau .
KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM PRESPEKTIF AL-QURAN (Studi Komparatif Penafsiran Surah Luqman Ayat 16-19 Antara Tafsir al-Quran Al-Azhim dan Tafsir Muyassar) (Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Ilmu Al Qur'an & Tafsir,2022.Ilmu Al Qur'an & Tafsir