Record Detail

IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN (STUDI DESKRIPTIF DI SMPIT TUNAS HARAPAN ILAHI) SKRIPSI

IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN (STUDI DESKRIPTIF DI SMPIT TUNAS HARAPAN ILAHI) SKRIPSI


Al-Qur’an merupakan petunjuk dan pedoman hidup bagi umat islam. Setiap
muslim diwajibkan untuk mempelajari Al-Qur’an. Untuk dapat memahami makna
Al-Qur’an manusia perlu mempelajarinya. Memahami kandungan isi Al-Qur’an
dapat dimulai dengan belajar cara membacanya.
Kegiatan belajar membaca Al-Qur’an membutuhkan cara atau metode.
Metode berfungsi untuk mempermudah dan mempercepat keberhasilan belajar.
Metode pembelajaran Al-Qur’an di Indonesia sangatlah beragam. Salah satu
metode yang ada adalah metode Ummi.
Metode Ummi adalah metode membaca Al-Qur’an yang menggunakan tiga
Unsur cara ibu mendidik anak. Yaitu dengan cara langsung, diulang-ulang dan
dengan kasih sayang yang tulus. Selain itu metode Ummi memiliki sistem
pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Untuk membacanya menggunakan
nada sederhana yaitu, nada tinggi dan rendah.
Skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi metode Ummi di
SMPIT Tunas Harapan Ilahi. Pokok masalah yang dijelaskan adalah implementasi
metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an di sekolah, faktor pendukung
keberhasilan, faktor penghambat, solusi penghambat dan hasil pembelajaran AlQur’an metode Ummi.
Implementasi metode Ummi di SMPIT Tunas Harapan Ilahi berjalan
dengan baik, hal ini dibuktikan dengan adanya pembelajaran Al-Qur’an yang
dilakukan setiap hari. Pembelajaran dilakukan dengan rasio 1 guru 13 siswa.
Pelaksanaan pembelajaran menggunakan tahapan yang sesuai dengan standarisasi
tahapan mengajar metode Ummi yaitu dengan 7 tahapan : pembukaan, apersepsi
materi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan, evaluasi, penutup. Yang
mendukung keberhasilan metode Ummi di SMPIT Tunas Harapan Ilahi adalah
guru, motivasi belajar anak, dukungan orang tua, fasilitas belajar dan pelatihan
guru. Faktor yang menghambat adalah lemahnya motivasi belajar anak.
kemampuan anak yang bervariasi. Solusi yang diambil adalah memberikan
motivasi, pelatihan guru dan evaluasi guru setiap pekan. Dalam waktu dua tahun
mengaji anak sudah dapat membaca Al-Qur’an dengan tartil dan mengetahui
kaidah-kaidah bacaan Al-Qur’an.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Statement of Responsibility NENENG HASANAH
Author(s) NENENG HASANAH - Personal Name (Pengarang)
Edition Revision
Call Number R 0118 NEN i
Subject(s) Skripsi Pendidikan Agama Islam
Classification 0118
Series Title
GMD Pendidikan Agama Islam
Language
Publisher Program Studi Pendidikan Agama Islam
Publishing Year 2022
Publishing Place Tangerang STAI Asy-Syukriyyah
Collation 151 hlm.; 21 Cm X 30 Cm
Specific Detail Info 151 hlm.; 21 Cm X 30 Cm


Citation

NENENG HASANAH. (2022).IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN (STUDI DESKRIPTIF DI SMPIT TUNAS HARAPAN ILAHI) SKRIPSI(Revision).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam

NENENG HASANAH.IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN (STUDI DESKRIPTIF DI SMPIT TUNAS HARAPAN ILAHI) SKRIPSI(Revision).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2022.Pendidikan Agama Islam

NENENG HASANAH.IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN (STUDI DESKRIPTIF DI SMPIT TUNAS HARAPAN ILAHI) SKRIPSI(Revision).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2022.Pendidikan Agama Islam

NENENG HASANAH.IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN (STUDI DESKRIPTIF DI SMPIT TUNAS HARAPAN ILAHI) SKRIPSI(Revision).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2022.Pendidikan Agama Islam

 



Media Sosial / Kanal

Facebook Repository STAI Asy-Syukriyyah Official
Youtube Repository STAI Asy-Syukriyyah Official
Instagram Repository STAI Asy-Syukriyyah Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: [email protected]