PENGARUH PEMBELAJARAN METODE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PAI KELAS VII DI SMP NEGERI 22 TANGERANG
MAILENI PUTRI GUCI - Personal Name (Pengarang)
Pendidikan Agama Islam
2022
Tangerang STAI Asy-Syukriyyah : Program Studi Pendidikan Agama Islam
Hasil belajar Pendidikan Agama Islam dapat dipenagaruhi oleh beberapa hal
diantaranya yaitu faktor internal (jasmaniah dan rohaniah), faktor eksternal
(lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat), media
pembelajaran, sarana dan prasarana, metode pembelajaran yang digunakan saat proses
belajar mengajar. Peneliti beranggapan bahwa perihal metode pembelajaran sangat
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran
metode inkuiri terhadap hasil belajar PAI kelas VII di SMP Negri 22 Tangerang.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data-data
yang dikumpulkan melalui kegiatan proses penelitian berupa angka-angka yang di
analisis dengan statistik inferensial dan datanya menggunakan bantuan SPSS versi 22.
Untuk uji hipotesis berupa koefesien korelasi sederhana, korelasi determinasi (R2
) dan
regresi linear sederhana. Teknik sampel yang digunakan adalah sample random
sampling dengan jumlah sampel 15% dari total populasi. Teknik pengumpulan data
adalah data primer yang didapat dari kuesioner (angket) dan data sekunder yang
peneliti dapat melalui wawancara, dokumetasi dan observasi.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa secara analisis koefesien korelasi menunjukan
nilai sebesar 0,929 yang artinya kedua variabel memiliki hubungan yang sangat
signifikan. Kemudian jika di intrepetasikan 0,929 masuk kategori sangat kuat
hubungannya. Secara determinasi memiliki kontribusi sebesar 86,4% yang di jelaskan
oleh variabel bebas (X) dan 13,6 dijelaskan oleh variabel yang tidak perlu diteliti lebih
lanjut. Dan secara regresi linier sederhana menunjukan perbandingan F hitung =
303,689 > F tabel 4,043 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 maka penelitian ini
dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh variabel X (pembelajaran metode inkuiri)
terhadap hasil belajar PAI kelas VII di SMP Negri 22 Tangerang.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Statement of Responsibility |
MAILENI PUTRI GUCI |
Author(s) |
MAILENI PUTRI GUCI - Personal Name (Pengarang) |
Edition |
Publish |
Call Number |
R 0121 MAI p |
Subject(s) |
Skripsi Pendidikan Agama Islam
|
Classification |
0121 |
Series Title |
|
GMD |
Pendidikan Agama Islam |
Language |
|
Publisher |
Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Publishing Year |
2022 |
Publishing Place |
Tangerang STAI Asy-Syukriyyah |
Collation |
142 hlm.; 21 Cm X 30 Cm |
Specific Detail Info |
142 hlm.; 21 Cm X 30 Cm |
Citation
MAILENI PUTRI GUCI. (2022).
PENGARUH PEMBELAJARAN METODE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PAI KELAS VII DI SMP NEGERI 22 TANGERANG(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam
MAILENI PUTRI GUCI.
PENGARUH PEMBELAJARAN METODE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PAI KELAS VII DI SMP NEGERI 22 TANGERANG(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2022.Pendidikan Agama Islam
MAILENI PUTRI GUCI.
PENGARUH PEMBELAJARAN METODE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PAI KELAS VII DI SMP NEGERI 22 TANGERANG(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2022.Pendidikan Agama Islam
MAILENI PUTRI GUCI.
PENGARUH PEMBELAJARAN METODE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PAI KELAS VII DI SMP NEGERI 22 TANGERANG(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2022.Pendidikan Agama Islam