IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN METODE UMMI DALAM BELAJAR AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VIII DI SMPIT TUNAS HARAPAN ILAHI KECAMATAN CIPONDOH KOTA TANGERANG
Rohmawati - Personal Name (Pengarang)
Pendidikan Agama Islam
2022
Tangerang STAI Asy-Syukriyyah : Program Studi Pendidikan Agama Islam
Siswa masih kurang termotivasi untuk belajar Al-Qur’an, sehingga masih ada siswa
yang kurang mampu membaca Al-Qur’an. Banyak orang tua pula yang belum
memahami metode belajar Al-Qur’an, sehingga masih ada orang tua yang tidak
memperhatikan anaknya untuk belajar Al-Qur’an. Metode pembelajaran adalah
cara melakukan proses pembelajaran. Metode pembelajaran mempunyai peran
penting dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan. Belajar Al-Qur’an perlu
menggunakan metode. Penelitian ini membahas metode ummi sebagai salah satu
metode yang mengajarkan cara belajar Al-Qur’an dengan baik dan benar. Penelitian
ini dilakukan untuk mengetahui implementasi pembelajaran Al-Qur’an pada siswa
serta kemapuan siswa dalam belajar Al-Qur’an menggunakan metode ummi.
Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek
penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Bidang Kurikulum, Koordinator Qur’an,
Guru BTQ, dan Siswa. Metode pengumpulan data yang diambil dari hasil
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan metode triangulasi.
Hasil dari penelitian ini adalah implementasi pembelajaran metode ummi di SMPIT
Tunas Harapan Ilahi dibentuknya kelompok belajar sesuai dengan tingkatann
bacaan. Metode ummi mempunyai tahapan pembelajaran yang sistematis sehingga
pembelajaran metode ummi tercapai sesuai dengan target yang telah ditentukan.
Implikasi dalam penelitian ini siswa mampu membaca Al-Qur’an, menghafal serta
memahami teori tajwid dan ghorib
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Statement of Responsibility |
Rohmawati |
Author(s) |
Rohmawati - Personal Name (Pengarang) |
Edition |
Publish |
Call Number |
R00127 ROH i |
Subject(s) |
Skripsi Pendidikan Agama Islam
|
Classification |
R00127 |
Series Title |
|
GMD |
Pendidikan Agama Islam |
Language |
|
Publisher |
Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Publishing Year |
2022 |
Publishing Place |
Tangerang STAI Asy-Syukriyyah |
Collation |
|
Specific Detail Info |
|
Citation
Rohmawati. (2022).
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN METODE UMMI DALAM BELAJAR AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VIII DI SMPIT TUNAS HARAPAN ILAHI KECAMATAN CIPONDOH KOTA TANGERANG(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam
Rohmawati.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN METODE UMMI DALAM BELAJAR AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VIII DI SMPIT TUNAS HARAPAN ILAHI KECAMATAN CIPONDOH KOTA TANGERANG(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2022.Pendidikan Agama Islam
Rohmawati.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN METODE UMMI DALAM BELAJAR AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VIII DI SMPIT TUNAS HARAPAN ILAHI KECAMATAN CIPONDOH KOTA TANGERANG(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2022.Pendidikan Agama Islam
Rohmawati.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN METODE UMMI DALAM BELAJAR AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VIII DI SMPIT TUNAS HARAPAN ILAHI KECAMATAN CIPONDOH KOTA TANGERANG(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2022.Pendidikan Agama Islam