IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ILMU TAJWID DALAM KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN DI MTS DAARUL MUTTAQIEN CADAS TANGERANG BANTEN
ULFA SANAH - Personal Name (Pengarang)
Pendidikan Agama Islam
2022
Tangerang STAI Asy-Syukriyyah : Program Studi Pendidikan Agama Islam
Implementasi Pembelajaran Ilmu Tajwid dalam Kemampuan
Membaca Al-Qur’an di MTs Daarul Muttaqien Cadas Tangerang Banten.
Sekolah Tinggi Agama Islam Asy-Syukriyyah Kota Tangerang. Dosen
Pembimbing : Destiani Rahmawati, M.Pd dan Rahmat Solihin, M.Pd
Latar belakang penelitian ini adalah bagaimana guru dalam menyampaikan
pelajaran ilmu tajwid walau dengan metode dalam mengikuti pelajaran ilmu
tajwid. Karena ilmu tajwid adalah ilmu yang penting bagi manusia agar tidak
salah dalam membaca Al-Qur’an. Pembelajaran ilmu tajwid menjadi landasan
dalam kemampuan membaca Al-Qur’an dengan sesuai kaidah ilmu tajwiddi MTs
Daarul Muttaqien Cadas Tangerang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran ilmutajwid
dalam kemampuan membaca Al-Qur’an. Serta untuk mengetahui kemampuan
siswa dalam membaca Al-Qur’an. Selain itu terdapat faktor pendukung dan
penghambat pembelajaran ilmu tajwid dalam kemampuan membaca Al-Qur’an.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deksriptif. Informan dalam
penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru ilmu tajwid serta siswa. Metode
pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis
data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan
denganmetode triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi pembelajaran ilmu tajwid sudah
diterapkan, guru mempersiapkan materi yang akan disampaikan sebelum
pelaksanaan pembelajaran ilmu tajwid. Implementasi pembelajaran ilmu tajwid
dengan metode diskusi, tanya jawab antar guru dan siswa. Sehingga kegiatan
tersebut perlu ditingkatkan baik guru dan siswa secara aktif dalam proses
pembelajaran. Implikasi dari proses pembelajaran ilmu tajwid dalam kemampuan
membaca Al-Qur’an terlihat menjadi efektif dan efisien.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Statement of Responsibility |
ULFA SANAH |
Author(s) |
ULFA SANAH - Personal Name (Pengarang) |
Edition |
Publish |
Call Number |
R 00132 ULF i |
Subject(s) |
Skripsi Pendidikan Agama Islam
|
Classification |
R00132 |
Series Title |
|
GMD |
Pendidikan Agama Islam |
Language |
|
Publisher |
Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Publishing Year |
2022 |
Publishing Place |
Tangerang STAI Asy-Syukriyyah |
Collation |
Skripsi Pendidikan Agama Islam |
Specific Detail Info |
99 hlm.; 21,5 Cm X 29,5 Cm |
Citation
ULFA SANAH. (2022).
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ILMU TAJWID DALAM KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN DI MTS DAARUL MUTTAQIEN CADAS TANGERANG BANTEN(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam
ULFA SANAH.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ILMU TAJWID DALAM KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN DI MTS DAARUL MUTTAQIEN CADAS TANGERANG BANTEN(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2022.Pendidikan Agama Islam
ULFA SANAH.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ILMU TAJWID DALAM KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN DI MTS DAARUL MUTTAQIEN CADAS TANGERANG BANTEN(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2022.Pendidikan Agama Islam
ULFA SANAH.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ILMU TAJWID DALAM KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN DI MTS DAARUL MUTTAQIEN CADAS TANGERANG BANTEN(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2022.Pendidikan Agama Islam