Record Detail

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL-QURAN METODE UMMI STUDI DESKRIPTIF SDIT AL-FURQON JAKARTA SELATAN

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL-QURAN METODE UMMI STUDI DESKRIPTIF SDIT AL-FURQON JAKARTA SELATAN


Al-Quran adalah pedoman hidup dan pedoman bagi umat Islam. Setiap
muslim harus mempelajari Al-Qur'an. Untuk memahami makna Al-Qur'an, orang
harus mempelajarinya. Memahami isi Al-Qur'an dapat dimulai dengan belajar
membaca. Belajar membaca Al-Qur'an membutuhkan cara atau metode. Metode
tersebut mempermudah dan mempercepat keberhasilan pembelajaran. Metode
pembelajaran Al-Quran di Indonesia sangat berbeda. Salah satu metode yang ada
adalah metode Ummi.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan
menggunakan trigualisasi pengumpulan data secara deskriptif yaitu dengan
pengumpulan data dilakukan dengan cara mengecek data yang telah diperoleh
melalui beberapa teknik yang berbeda. Dalam hal ini, peneliti melakukan
pengecekan data yang diperoleh dari hasil wawancara. Selain itu, untuk menguji
keabsahan data, peneliti juga mengecek data yang telah diperoleh dengan hasil
dokumentasi.
Hasil penelitian ini menyatakan Implementasi metode Ummi di SDIT AlFurqon berjalan dengan baik, terbukti dengan adanya pengajian Al-Quran setiap
hari. Pengajaran berlangsung dengan rasio 1 guru per 13-15 siswa. Dalam
pelaksanaan pembelajaran tahapan digunakan yang sesuai dengan standarisasi
tahapan metode pengajaran Umm, jadi 7 tahapan yaitu pembukaan, penguasaan
materi, pengenalan konsep, pemahaman konsep, pelatihan, evaluasi,
evaluasi.Keberhasilan metode Ummi di SDIT Al-Furqon didukung oleh guru,
pembelajaran anak, dukungan orang tua, dan pelatihan guru. Faktor
penghambatnya adalah lemahnya motivasi anak untuk belajar. kemampuan anak
yang berbeda-beda. Solusinya adalah memberikan motivasi mingguan, pelatihan
guru dan evaluasi guru.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Statement of Responsibility Ahmad Yusuf Hada
Author(s) Ahmad Yusuf Hada - Personal Name (Pengarang)
Edition Publish
Call Number R 00156 AHM i
Subject(s) Skripsi Pendidikan Agama Islam
Classification R00156
Series Title
GMD Pendidikan Agama Islam
Language
Publisher Program Studi Pendidikan Agama Islam
Publishing Year 2023
Publishing Place Tangerang STAI Asy-Syukriyyah
Collation Skripsi Pendidikan Agama Islam
Specific Detail Info 165 hlm.; 21,5 Cm X 29,5 Cm


Citation

Ahmad Yusuf Hada. (2023).IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL-QURAN METODE UMMI STUDI DESKRIPTIF SDIT AL-FURQON JAKARTA SELATAN(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam

Ahmad Yusuf Hada.IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL-QURAN METODE UMMI STUDI DESKRIPTIF SDIT AL-FURQON JAKARTA SELATAN(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2023.Pendidikan Agama Islam

Ahmad Yusuf Hada.IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL-QURAN METODE UMMI STUDI DESKRIPTIF SDIT AL-FURQON JAKARTA SELATAN(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2023.Pendidikan Agama Islam

Ahmad Yusuf Hada.IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL-QURAN METODE UMMI STUDI DESKRIPTIF SDIT AL-FURQON JAKARTA SELATAN(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2023.Pendidikan Agama Islam

 



Media Sosial / Kanal

Facebook Repository STAI Asy-Syukriyyah Official
Youtube Repository STAI Asy-Syukriyyah Official
Instagram Repository STAI Asy-Syukriyyah Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: [email protected]