Record Detail

KOMPARATIF KONSEP PENDIDIKAN MENURUT PENAFSIRAN BUYA HAMKA & M QURAISH SHIHAB QS AL-MUJADALAH 11

KOMPARATIF KONSEP PENDIDIKAN MENURUT PENAFSIRAN BUYA HAMKA & M QURAISH SHIHAB QS AL-MUJADALAH 11


Pendidikan adalah merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan
sudah mulai hilang karena kurang nya wawasan dan pembahasan mengenai etika
dalam belajar sehingga para ulama membuat sebuah ringkasan penting bagi para
mufassir untuk saling mengingatkan dan ranah Pendidikan etika dan adab saat
belajar. Al-Quran memiliki banyak aspek yang dapat ditafsirkan dan dipahami
dengan cara yang berbeda, sehingga diperlukan upaya untuk memahami dan
menafsirkan ayat- ayat Al-Quran dengan hati-hati. Tujuan penelitian ini untuk
memberikan sebuah penjabaran dan penjelasan bagaimana perbedaan penafsiran
pada studi kasus surah al mujadalah ayat 11 dengan mebandingkan antara
penasfsiran Buya Hamka (Tafsir Al Adzhar) dan penafsiran Quraisy Shihab
(Tafsir Al-Misbah).
Penelitian ini menggunakan metode komparatif studi komparatif dengan
menggunakan penelitian kepustakaan. Kitab al-Qur’ān, Tafsir Al-Mishbah dan
kitab Tafsir Al-Adzhar digunakan sumber primernya.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa penafsiran M. Quraish Shihab
dan Buya Hamka dalam tafsir Al-Misbah dan tafsir Al-Azhar ada persamaan dan
perbedaan. Persamaan yaitu menurut M.Quraish Shihab, orang itu bisa di katakan
seorang yang berilmu ketika mereka benar-benar menggunakan ilmunya sebagai
alat untuk memberikan kemanfaatan kepada masyarakat sekitar. Sedangkan
pendapat Buya Hamka dalam tafsirnya bahwa seseorang yang memiliki ilmu
bukan sekedar memiliki tetapi juga memberikan manfaat pada diri kita dan
masyarakat sekitar sedangkan perbedaan yaitu Menurut Qoraish Shihab dalam
Tafsir Ayat-Ayat Pendidikannya mengatakan bahwa kata tafassahu pada ayat
tersebut maksudnya adalah tawassa‟u yaitu saling meluaskan dan
mempersilahkan Buya Hamka kalimat Yarfa‟illahu ladzina amanu, maksudnya
Allah akan mengangkat derajat mereka yang telah memuliakan dan memiliki ilmu
di akhirat pada tempat yang khusus sesuai dengan kemuliaan dan ketinggian
derajatnya


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Statement of Responsibility SYAFRIANDI ROHMAN
Author(s) SYAFRIANDI ROHMAN - Personal Name (Pengarang)
Edition Publish
Call Number R 00176 SYA k
Subject(s) Skripsi Ilmu Alquran dan Tafsir
Classification R00176
Series Title
GMD Ilmu Al Qur'an & Tafsir
Language
Publisher Program Studi Ilmu Al Qur'an & Tafsir
Publishing Year 2023
Publishing Place Tangerang STAI Asy-Syukriyyah
Collation Skripsi Ilmu Alquran & Tafsir
Specific Detail Info 83 hlm.; 21,5 Cm X 29,5 Cm


Citation

SYAFRIANDI ROHMAN. (2023).KOMPARATIF KONSEP PENDIDIKAN MENURUT PENAFSIRAN BUYA HAMKA & M QURAISH SHIHAB QS AL-MUJADALAH 11(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Ilmu Al Qur'an & Tafsir

SYAFRIANDI ROHMAN.KOMPARATIF KONSEP PENDIDIKAN MENURUT PENAFSIRAN BUYA HAMKA & M QURAISH SHIHAB QS AL-MUJADALAH 11(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Ilmu Al Qur'an & Tafsir,2023.Ilmu Al Qur'an & Tafsir

SYAFRIANDI ROHMAN.KOMPARATIF KONSEP PENDIDIKAN MENURUT PENAFSIRAN BUYA HAMKA & M QURAISH SHIHAB QS AL-MUJADALAH 11(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Ilmu Al Qur'an & Tafsir,2023.Ilmu Al Qur'an & Tafsir

SYAFRIANDI ROHMAN.KOMPARATIF KONSEP PENDIDIKAN MENURUT PENAFSIRAN BUYA HAMKA & M QURAISH SHIHAB QS AL-MUJADALAH 11(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Ilmu Al Qur'an & Tafsir,2023.Ilmu Al Qur'an & Tafsir

 



Media Sosial / Kanal

Facebook Repository STAI Asy-Syukriyyah Official
Youtube Repository STAI Asy-Syukriyyah Official
Instagram Repository STAI Asy-Syukriyyah Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: [email protected]