Record Detail

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 22 KABUPATEN TANGERANG

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 22 KABUPATEN TANGERANG


Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif deskriftif, menggunakan metode teknik
penyebaran angket dengan pengambilan sampel, dilakukan secara random,
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan IPS di SMAN 22
Kabupaten Tangerang. Sampel yang diambil 60 diperoleh menggunakan rumus
Slovan. Pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, Penelitian ini
terdiri atas Kecerdasan Emosional Guru sebagai variabel bebas, dan Motivasi
Belajar Siswa sebagai variabel terikat. Penelitian menggunakan skala Likert
kuesioner berskala lima. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara
Kecerdasan Emosional Guru terhadap Motivasi Belajar siswa.
Hasil uji validitas kedua variabel Kecerdasan Emosional Guru (X) dan Motivasi
Belajar Siswa (Y) diperoleh dari korelasi antara skor tabel dan skor item. Hasil uji
reliabilitas instrument pada kedua variabel didapat dari nilai Cronbach’s Alpha,
realibel dapat diterima. Hasil uji prasyarat analisis uji normalitas data pada kedua
variabel dinyatakan berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas varian dan hasil
Uji F, kedua variabel mempunyai varian yang sama atau bersifat homogen. Hasil
Uji determinasi diketahui besarnya kontribusi variabel Kecerdasan Emosional
Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa sebesar 0.047. Kesimpulan dari penelitian
ini terdapat pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Motivasi Belajar Siswa
sebesar 4,7%, artinya semakin meningkat Kecerdasan Emosional Guru, maka
semakin baik pula Motivasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan agama
Islam yang akan dicapai meskipun nilainya rendah. Pengujian hipotesis analisis
korelasi antara variabel Kecerdasan Emosional Guru dengan Motivasi Belajar
Siswa Signifikansi nilai 0.039 < 0.05, artinya terdapat hubungan positif dan
signifikan antara kedua variabel.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Statement of Responsibility YOLAN LIANINGSIH
Author(s) YOLAN LIANINGSIH - Personal Name (Pengarang)
Edition Publish
Call Number 038 YOL p
Subject(s) Skripsi Pendidikan Agama Islam
Classification 038
Series Title
GMD Pendidikan Agama Islam
Language
Publisher Program Studi Pendidikan Agama Islam
Publishing Year 2018
Publishing Place Tangerang STAI Asy-Syukriyyah
Collation 167 hlm.; 21 Cm X 30 Cm
Specific Detail Info 167 hlm.; 21 Cm X 30 Cm


Citation

YOLAN LIANINGSIH. (2018).PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 22 KABUPATEN TANGERANG(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam

YOLAN LIANINGSIH.PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 22 KABUPATEN TANGERANG(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2018.Pendidikan Agama Islam

YOLAN LIANINGSIH.PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 22 KABUPATEN TANGERANG(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2018.Pendidikan Agama Islam

YOLAN LIANINGSIH.PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 22 KABUPATEN TANGERANG(Publish).Tangerang STAI Asy-Syukriyyah:Program Studi Pendidikan Agama Islam,2018.Pendidikan Agama Islam

 



Media Sosial / Kanal

Facebook Repository STAI Asy-Syukriyyah Official
Youtube Repository STAI Asy-Syukriyyah Official
Instagram Repository STAI Asy-Syukriyyah Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: [email protected]